10 Tempat Wisata Kuliner Solo Wajib Anda Kunjungi Bagian 2

Sekarang lanjut ke bagian 2 dari sebelumnya 10 Tempat Wisata Kuliner Solo Wajib Anda Kunjungi Bagian 1. 

  1. Warung Selat Mbak Lies

Pernah dengar kuliner namanya selat? Selat ini semacam salad, tapi namanya berubah mengikuti penyebutan masyarakat lokal. Satu di antara tempat kuliner yang meyediakan menu ini yaitu Warung Selat Mbak Lies letaknya di Jalan Serengan 42.

Menu andalan Warung Selat Mbak Lies ini yakni selat bestik. Selat bestik adalah perpaduan irisan daging sapi, telur pindang, wortel, acar mentimun, kentang goreng, buncis, selada, irisan bawang merah dan juga mayonaise Jawa. Minuman yang sesuai menemani Anda menyantap makanan ini yaitu es degan. Di sini, Anda dapat pilih gula Jawa, gula putih ataupun syrup untuk pemanis.

Tempat wisata ini juga mempunyai dekorasi yang kelihatan ‘berantakan’ sebab ada banyak koleksi barang antik contohnya keramik kuno memenuhi tempat makan ini. Uniknya Warung Selat Mbak Lies yaitu pelayan memakai seragam lucu yang warnanya mencolok. Tempat wisata ini buka tiap hari mulai 10 pagi hingga 5 sore.

Lihat Juga : Paket Tour Jogja Murah Dari Bandung

  1. Tengkleng Bu Edi

Datang ke Solo, Anda wajib mencoba Tengkleng Bu Edi. Tengkleng diketahui sebagai makanan orang miskin zaman dahulu. Hal ini disebabkan tengkleng terbuat dari tulang kambing menyisakan sedikit daging. Tengkleng dimasak dua cara, pakai santan dan tidak. Rasanya segar, asam dan juga gurih jadi makanan orang miskin sekarang diminati dan jadi satu kuliner wajib coba Solo.

Tengkleng Bu Edi dapat dikatakan menjadi tengkleng paling populer Solo. Jangan bayangkan tempatnya restoran besar. Tengkleng Bu Edi lokasinya di gapura utara Pasar Klewer dan juga tidak sediakan tempat duduk bagi pembeli sebab tempat terbatas. Tapi jangan salah, tengkleng Bu Edi buka tiap jam 1 siang sudah banyak penggemar dan juga ludes dalam waktu 3 jam.

Lihat Juga : Paket Tour Pangandaran Dari Bandung

  1. Sate Buntel Tambak Segaran

Solo begitu kreatif mengolah kuliner. Kalau Anda menyantap biasanya sate itu-itu saja, sekarang saatnya Anda cicipi sate buntel Solo. Sesuai dengan namanya, sate ini dibungkus dulu sebelum dibakar. Sate ini berisi daging kambing cincang dibumbui dan dibungkus lemak kambing tipis. Ketika dibakar, lemak meleleh menambah cita rasa sate ini.

Sate buntel paling populer yaitu Sate Buntel Tambak Segaran letaknya di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Selain sate ini, tempat wisata ini juga sediakan menu lain misalnya sate daging kambing biasa dan juga gule kambing. Tempat ini dibuka tiap hari mulai 10 pagi hingga 11 malam.

Lihat Juga : Paket Tour Goa Pindul Jogja

  1. Es Krim Tentrem

Es krim selalu jadi favorit banyak orang. Kalau Jakarta ada Ragusa, Surabaya ada Zangrandi dan Malang punya Toko Oen, Solo juga memiliki toko es krim legendaris yakni Es Krim Tentrem. Kedai es krim rumahan ini letaknya di Jalan Urip Sumaharjo dan populer sejak 1952.

Beberapa andalannya yaitu tutti fruity, rum ‘n coffee, robin rose dan juga rainbow. Kalau bermaksud beristirahat saat perjalanan berkeliling Solo? Datang ya ke tempat ini buka mulai 10 pagi hingga 9 malam.

Lihat Juga : Paket Tour Bromo – Batu – Malang

  1. Pasar Malam Ngarsopuro

Ini pasar malam dan juga tempat nongkrong anak muda Solo. Pasar Malam Ngarsopuro letaknya di Jalan Diponegoro dan digelar tiap malam Minggu. Di sini, Anda dapat bertemu banyak kuliner lezat Solo contohnya nasi liwet, cabuk rambak, sate kere, sosis Solo, bakso bakar dan wedang ronde.

Selain menikmati kuliner, Anda juga dapat berkeliling menyaksikan beragam kerajinan tangan menarik dapat dijadikan oleh-oleh. Ada juga pertunjukkan berbagai komunitas anak Solo seperti capoeira, tari, fotografi dan masih banyak yang lain.

Anda bisa baca lagi 10 Tempat Wisata Kuliner Solo Wajib Anda Kunjungi Bagian 1