10 Tempat Wisata Menarik di Saigon Atau Ho Chi Minh City Bagian 1

Setelah mampir ke Kuala Lumpur, Singapore, serta Bangkok, sekarang menuju ke negara Asia Tenggara yang paling utara, Vietnam, tepatnya Ho Chi Minh City.

Daftar Tempat Wisata Menarik di Saigon

Ho Chi Minh City atau sering disingkat HCMC, merupakan kota terbesar dan juga tersibuk di Vietnam, meski bukan ibu kota negara. Kota ini awalnya bernama Saigon dan ibu kota Republik Vietnam Selatan tahun 1955 sampai 1975, ketika Perang Vietnam. Namun hingga sekarang, nama Saigon masih digunakan penduduk lokal. Sedangkan nama Ho Chi Minh City dari nama Ho Chi Minh, pemimpin Partai Komunis Vietnam dan juga pendiri Republik Demokrat Vietnam. Jumlah penduduknya sekitar 8,2 juta jiwa (tahun 2015). Penduduk lokal Saigon disebut dengan nama “Saigonese” Bahasa Inggris atau “Dan Sai Gon” Bahasa Vietnam. Secara geografis Saigon ataupun Ho Chi Minh City letaknya di tenggara Vietnam, berbatasan dengan Laut Cina Selatan di bagian selatan.

Apa saja landmark dan juga tempat wisata yang sering didatangi traveler di Ho Chi Minh City, Vietnam? Berikut ulasannya.

  1. Ho Chi Minh City Hall

Ho Chi Minh City Hall

Ho Chi Minh City Hall awalnya namanya Hôtel de Ville Saigon. Bangunan ini dibangun tahun 1902 sampai 1908 era Kolonial Prancis. Uniknya dari Ho Chi Minh City Hall di malam hari, lampu-lampu bagian luar gedung dinyalakan jadi ada iluminasi cahaya unik. Dalam hall sendiri tak dibuka bagi publik. Pengunjung datang umumnya berkunjung ke taman dan juga patung Uncle Ho (Ho Chi Minh, pendiri Republik Demokrat Vietnam) di dekat bangunan utama. Tempat wisata ini letaknya di ujung Nguyen Hue Street dan dapat dikunjungi tiap hari.

>> Info Paket Wisata : Paket Wisata Halong Bay Vietnam

  1. Cu Chi Tunnels

Cu Chi Tunnels

Cu Chi Tunnels adalah terowongan bawah tanah terletak di Distrik Cu Chi, Ho Chi Minh City. Terowongan dengan panjang 121 km ini dulunya adalah tempat persembunyian Viet Cong saat perang, sekaligus jalur transportasi rahasia demi bawa makanan, perlengkapan perang, dan juga obat-obatan. Saat ini, pemerintah Vietnam mengubahnya jadi War Memorial Park untuk tujuan utama wisatawan di Saigon.

  1. War Remnant Museum

War Remnant Museum

Lokasinya di Vo Van Tan Street, Distrik 3. Sesuai namanya, War Remnant Museum merupakan museum yang memiliki berbagai koleksi Perang Vietnam, dan peninggalan Perang Indochina disaat Vietnam menghadapai kolonial Prancis. Barang yang dipamerkan ada perlengakapan perang Amerika (tank, jet, helikopter), dokumentasi kekejamaman dan juga penyiksaan saat perang, serta artwork menyerukan anti peperangan. Museum ini buka tiap hari pukul 7.30 pagi sampai 5 sore.

>> Info Paket Wisata : Paket Tour Halong Bay Vietnam Murah

  1. Reunification Palace

Reunification Palace

Lokasinya di 135 Nam Ky Khoi Nghia Street. Reunification Palace dikenal juga dengan nama Independence Palace. Bangunan ini merupakan istana kepresidenan Vietnam Selatan sebelum Vietnam bersatu. Istana kepresidenan ini dibangun  tahun 1962 dan selesai tahun 1966 oleh Ngo Viet Thu. Saat akhir Perang Vietnam (Fall of Saigon) 1975, tentara Vietnam Utara menabrak gerbang istana ini menggunakan sebuah tank. Replika tank tersebut saat ini dipamerkan di pintu gerbang. Bangunan ini dapat dikunjungi tiap hari pukul 7.30 pagi sampai 4 sore.

  1. Saigon Central Post Office

Saigon Central Post Office

Lokasinya di pusat kota Saigon, berdekatan dengan Notre-Dame Basilica. Saigon Central Post Office dibangun akhir abad ke-19 saat Vietnam masih jadi bagian French Indocina. Di bagian dalam bangunan ada dua lukisan besar : lukisan peta Vietnam Selatan dan juga Kamboja berjudul Lignes Telegraphiques du Sud Vietnam et Cambodge 1892 (Telegraphic lines of Southern Vietnam and Cambodia 1892); kedua lukisan peta kota Saigon dengan judul Saigon et ses environs 1892 (Sai Gon and its environment 1892). Serupa dengan kantor pos umumnya, pengunjung dapat mengirim surat dan paket di tempat ini.

>> Info Paket Wisata : Paket Tour Saigon Vietnam Murah