7 Destinasi Bersejarah Untuk Memperingati Hari Kemerdekaan

Ingin napak tilas ke tempat-tempat bersejarah yang terkait dengan masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia? Berikut 7 lokasinya yang paling populer yang akan Java Wisata Bandung informasikan.

1. Banda Aceh, Aceh

Rakyat Aceh berperan penting dalam perjuangan awal pembentukan negara Indonesia. Sumbangan mereka pada tahun 1948, yang setara dengan 20 kg emas, berhasil membuat Indonesia membeli pesawat jenis Dakota DC-3, yang akhirnya diberi nama Dakora RI-001 Seulawah. Kehadiran pesawat inilah yang mendorong dibukanya jalur penerbangan Jawa-Sumatera. Anda bisa mengunjungi Monumen Pesawat Dakota RI-001 Seulawah di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Klik : Tour Malaysia Singapore 2017

2. Bukittinggi, Sumatera Barat

Bukittinggi tidak hanya merupakan tempat wisata kuliner populer di Sumatera Barat, tetapi menjadi tanah kelahiran Bung Hatta. Jika Anda mengunjungi Pasar Atas, Anda juga bisa sekalian mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta yang terletak tidak jauh dari pasar, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta No. 37. Rumah itu adalah rumah milik nenek Bung Hatta dengan interior dan eksterior yang masih terjaga keasliannya.

Klik : Tour MotoGP Sepang Malaysia 2017

3. Bengkulu, Bengkulu

Bengkulu menjadi kota penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Di kota inilah Bung Karno bertemu dengan Fatmawati, Ibu Negara Pertama Republik Indonesia, saat beliau diasingkan pada tahun 1938-1942. Rumah pengasingan itu terletak di Jalan Soekarno-Hatta dan saat ini menjadi cagar budaya. Selain Rumah Pengasingan Bung Karno, Anda bisa mengunjungi Masjid Jamik Bengkulu yang merupakan salah satu masjid bersejarah karena Bung Karno sendiri yang menjadi arsitek untuk pemugaran masjid ini.

Klik : Paket Tour Singapore Malaysia 4 Hari 3 Malam

4. DKI Jakarta

Sebagi ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta mempunyai banyak sekali tempat bersejarah yang terkait dengan masa-masa perjuangan kemerdekaan. Anda bisa berkunjung ke area Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah, rumah tempat pembacaan teks proklamasi, dan masih banyak lagi.

Klik : Paket Tour Malaysia 3 Hari 2 Malam

5. Karawang, Jawa Barat

Pada tanggal 16 Agustus 1945, sejumlah pemuda menculik Soekarno-Hatta dan membawanya ke Rengasdengklok, Karawang. Meski sejarah mencatat bahwa penculikan itudilakukan untuk mendesak Soekarno-Hatta dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, namun nyatanya justru memperlambat karena saat “diculik” Bung Hatta sedang menyusun teks proklamasi untuk dibacakan keesokan harinya. Anda bisa mengunjungi rumah tempat Soekarno-Hatta “diculik” ini di Kampung Bojong.

Klik : Paket Tour Malaysia 2 Hari 1 Malam

6. Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta, atau juga biasa disebut Jogja, pernah menjadi ibu kota negara Indonesia. Di kota ini Anda akan bisa menjumpai banyak tempat wisata bersejarah. . Di area Tugu Nol Kilometer misalnya, terdapat banyak sekali peningalan sejarah yang sangat penting bagi negara Indonesia, mulai dari Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949, hingga Gedung “BNI 46” yang merupakan gedung bank pertama di Indonesia.

Klik : Paket Wisata Malaysia 2 Hari 1 Malam

7. Ende, Nusa Tenggara Timur

Ende bukan hanya terkenal karena “danau 3 warna” di Taman Nasional Kelimutu, tetapi Ende juga menjadi salah satu tempat pengasingan Bung Karno. Di sini Bung Karno merumuskan dasar negara Republik Indonesia, yaitu Pancasila. Anda bisa mengunjungi Situs Bung Karno yang terletak di Jalan Perwira; sebuah rumah cagar budaya tempat Bung Karno tinggal selama masa pengasingan.

Klik : Paket Tour Malacca Malaysia 3 Hari 2 Malam

Sumber : https://www.skyscanner.co.id