9 Tempat Wisata Menarik di Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo merupakan tempat wisata di Indonesia yang jadi favorit untuk wisatawan. Bukan hanya pemandangan matahari terbitnya yang jadi daya tarik utama, namun banyak sekali tempat wisata dekat Bromo yang jarang di explore wisatawan. Uniknya, tempat wisata ini untuk mendatanginya butuh kendaraan tipe 4 wd yaitu land cruiser, hartop ataupun jeep toyota.

pananjakan gunung bromo
pananjakan gunung bromo

9 Tempat Wisata di Gunung Bromo dan Sekitarnya yang Wajib Disinggahi

  1. Penanjakan 1

Penanjakan 1 merupakan tempat tertinggi di Taman Nasional Bromo. Adalah lokasi untuk menyaksikan indahnya matahari terbit. Terletak di bagian barat pegunungan tengger. Untuk mencapai Gunung Penanjakan 1 pengunjung wajib naik kendaraan jeep ataupun hartop sebab  akses ke sini banyak tikungan tajam dan juga curam.

Lihat ini : Paket Tour Bromo Batu Malang Murah

  1. Penanjakan 2

Gunung Penanjakan 2 merupakan alternatif untuk menyaksikan indahnya matahari terbit di Bromo, Anda dapat memilih alternatif Bukit Penanjakan 2 untuk menyaksikan matahari terbit. Lokasinya memang lebih rendah dari Penanjakan 1 tetapi pemandangan pun tak kalah menarik. Untuk ke sini tidak butuh kendaraan jeep. Karena dapat dengan mudah diakses kendaran roda 2 atau roda 4 biasa.

  1. Padang Rumput Savana

Padang Rumput Savana Bromo, terletak di bagian selatan timur Gunung Bromo, terletak di sebuah lembah hijau di kelilingi tebing menjulang tinggi dan juga punggungan kecil. Padang Rumput Bromo sangat luas, kalau anda mendatangi ke Savanah anda merasa seolah tidak berada di Gunung Bromo.

Lihat ini : Paket Tour Jogja 3 Hari 2 Malam Murah

  1. Bukit Mentigen

Selain Penanjakan 1 dan penanjakan 2 tersebut, alternatif ke tiga adalah bukit mentigen. Di sini Anda bisa jalan kaki saja dari area penginapan. Meskipun bukitnya tak terlalu tinggi tapi bisa jadi alternatif yang baik jika berangkat ke Bromo ala backpacker, tak bawa kendaraan sendiri, jalan kakinya dekat dari cemara lawang. Lokasi tepatnya di sebelah timur hotel Lava View Bromo.

  1. Bukit Teletubies

Belum lengkap rasanya kalau berlibur ke Gunung  Bromo jika tidak berkunjung ke Bukit Teletubies. Lokasinya di bagian selatan Gunung Bromo, satu jalur menuju Padang Rumput Savana. Merupakan gunungan kecil yang indah ditumbuhi rumput khas pegunungan, membawa anda serasa masuk film teletubis. Maka tak salah kalau masyarakat sekitar menyebutnya Bukit Teletubies.

Lihat ini : Paket Tour Bali Murah dari Bandung

  1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah tempat wisata yang letaknya di kawasan gunung bromo, di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo, tempat wisata ini dapat didatangi dari arah probolinggo tongas menuju gunung bromo, akses perjalanan bagus untuk dilewati kendaraan roda 4 atau roda 2.

  1. B 29 Argosari

B 29 Argosari merupakan spot camping di Bromo terfavorit. Destinasi wisata ini memang asing bagi orang yang ke Bromo. Tempat ini adalah puncak paling tinggi di lokasi Wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari penanjakan 1. Itu sebabnya udara dingin dan pemandangan yang indah serta ditambah tumbuhan khas dari dataran tinggi menghampar menjadikan kawasan wisata ini sayang sekali untuk dilewatkan.

Lihat ini : Paket Tour Bandung Murah dari Jakarta

  1. Bromo Milky Way

Bromo milky way hanya dapat ditemukan malam hari, dengan pergi ke spot tertentu yang sesuai untuk hunting foto gugusan bintang di malam hari. Jangan lupa siapkan kamera yang bagus kalau tertarik menyaksikan bromo milky way ini. Alasan bromo milky way ini menarik dan sempurna disebabkan karena syarat untuk dapat milky way terbaik yaitu jauh dari sorot lampu kota dan dalam gelap sempurna, tak ada awan mendung serta perhitungan tepat berburu milky way.

Lihat ini : Paket Tour Pangandaran Murah dari Bandung

  1. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik merupakan lokasi yang letaknya di lautan pasir bromo selain Penanjakan, Kawah Gunung Bromo serta Padang Savana, awal mula tempat wisata ini adalah di mana lautan pasir memiliki suara desis angin yang khas ketika ada terpaan angin. Dari sini masyarakat sekitar dan juga wisatawan menyebut tempat ini Pasir Berbisik.