Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ?

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ?

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ? Kawah Putih merupakan tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal dan selalu ramai dikunjungi. Kawah Putih berada  di Ciwidey, Jawa Barat dan kurang lebih berjarak 50 km arah selatan kota Bandung.

Kawah Putih adalah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya tanah di kawasan ini berwarna putih akibat percampuran unsur belerang.

Selain tanah berwarna putih air danau di Kawah Putih juga memiliki warna putih kehijauan dan dapat berubah warna tergantung dari unsur belerang yang terkandung, cuaca dan suhu.

Kawah Putih Ciwidey terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2.400 mdpl. Dengan ketinggian tersebut suhu udara sangat dingin dan dapat mencapai 8 derajat celcius. Dengan udara yang dingin jangan lupa kenakan jaket jika berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey.

Selain menikmati pemandangan yang indah anda juga dapat mengambil foto terbaik. Bahkan Kawah Putih menjadi salah satu spot foto pre-wedding favorit bagi sepasang calon pengantin. Tak hanya berfoto anda juga dapat melakukan kegiatan berkuda atau mendaki.

>> Kunjungi : Paket Tour Bandung 3 Hari 2 Malam

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ?

Sejarah Kawah Putih

Cerita tentang tempat wisata ini bermula pada abad ke-10 dimana pernah terjadinya letusan Gunung Patuha yang hebat. Setelah letusan yang hebat banyak orang yang menganggap bahwa lokasi ini termasuk kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan ini akan mati.

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ? Seiring berjalannya waktu, kepercayaan tentang angkernya tempat ini mulai pudar sampai akhir tahun 1837. Ada seorang ahli botani berkebangsaan Jerman datang untuk melakukan penelitian yang bernama Dr. Franz Wihelm Junghuhn.

Franz sangat tertarik dengan indahnya kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tak ada burung terbang diatasnya karena ia berkeliling dan untuk mencari informasi. Saat itu seluruh informasi ia mendapatkan kawah tersebut angker dan dihuni makhluk halus.

Bagi Dr. Franz Wihelm Junghuhn pernyataan warga setempat tidak masuk akal karena ia tak percaya dengan cerita-cerita tersebut.

Ketika ia pergi ke hutan rimba untuk mengetahui situasi disana dan berhasil mencapai puncak ia melihat keberadaan sebuah danau indah yang berwarna putih dengan bau belerang amat menyengat.

Sejak itulah keberadaan Kawah Putih Ciwidey menjadi terkenal dan mulai tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang memberikan pengalaman unik dengan danau yang dapat berubah warna.

>> Pilih paket wisata ini : Paket Tour Bandung 2 Hari 1 Malam

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ?

Cara Menuju ke Kawah Putih

Kawah Putih berlokasi di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 dan tidak jauh dari wisata Situ Patenggang. Kawah Putih dapat dituju dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi karena terdapat banyak petunjuk jalan.

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ? Jika dari arah Jakarta anda dapat menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar dari pintu tol Kopo. Setelah itu anda harus menuju Soreang dan melanjutkan ke bagian selatan Ciwidey.

Jika menggunakan transportasi umun anda tinggal naik angkot dari terminal Leuwi Panjang dan menuju terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey anda melanjutkan perjalanan menuju Situ Patenggang dan turunlah di depan gerbang Kawah Putih.

area parkir kawah putih ciwidey, Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ?

Fasilitas yang Ada di Kawah Putih

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ? Sebagai tempat wisata populer, kawasan wisata Kawah Putih ini memiliki fasilitas yang akan menunjang kenyaman anda selama berlibur. Fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Area parkir
  2. Mushola
  3. Transportasi dari gerbang depan sampai ke kawah
  4. Layangan pusat informasi
  5. Restoran dan warung makan
  6. Toilet umum

>> Klik juga : Paket Tour Bandung 1 Hari

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ?

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Putih

Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari-hari biasanya dan hari libur serta akhir pekan masih sama yakni RP 15.000,- setiap orang. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan sebagai berikut:

  1. Parkir atas untuk mobil Rp 150.000,-
  2. Parkir atas untuk motor Rp 35.000,-
  3. Ontang-anting Rp 13.000,-
  4. Parkir bawah untuk mobil Rp 6.000,-
  5. Parkir bawah untuk motor Rp 5.000,-
  6. Parkir bawah untuk bus Rp 25.000,-

Parkir atas maskudnya membawa kendaraan anda sampai dengan lokasi kawah sedangkan bus tidak dapat parikir diatas. Parkir bawah maksudnya memarkirkan kendaraan anda di gerbang masuk kemudian naik ontang-anting untuk menuju ke kawah.

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ? Ontang-anting berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti mondar mandir yang menjadi sebutan khusus kendaraan Kawah Putih. Ontang-anting ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka yang dilengkapi pengaman. Ontang-anting dapat memuat penumpang hingga 12 orang.

Jam Operasional Kawah Putih

Tempat wisata Kawah Putih buka setiap hari mulai dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 17.00 sore.

Apa Itu Wisata Kawah Putih Ciwidey ?

Akomodasi dekat Kawah Putih

Untuk tempat istirahat wisatawan dapat menyewa beberapa penginapan yang dekat ke Kawah Putih. Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

  1. Patuha Resort
  2. Ciwidey Valley Resort
  3. Penginapan MS
  4. Hotel Kampung Strawberry

Tips Wisata ke Kawah Putih

Agar perjalanan wisata ke Kawah Putih anda nyaman dan menyenangkan baca dulu tips-tips berikut :

  1. Dengan suhu udara dingin bukan berarti anda bebas dari sinar matahari, maka gunakanlah sunblock sebelum beraktifitas di Kawah Putih
  2. Jika anda tidak kuat dengan bau belerang bawalah masker atau dapat membeli di kawasan wisata
  3. Jangan terlalu lama berada di kawasan kawah karena dapat menganggu pernafasan
  4. Jika rombongan anda tidak banyak sebaiknya parkir kendaraan di gerbang wisata saja dan melanjutkan perjalanan dengan ontang-anting

>> Kunjungi juga :