Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak. Kebanyakan orang Indonesia hingga sebagian orang di seluruh penjuru dunia tidak lepas dari sebuah kebiasaan yang mungkin telah menjadi tradisi. Kebiasaan tersebut adalah menikmai secangkir kopi sebelum memulai hari.

Terdapat banyak jenis kopi yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah kopi unik sekaligus memiliki nial jual tertinggi kopi luwak. Kopi luwak baru populer di beberapa tahun ke belakang. Kopi luwak telah dijual banyak dipasaran mulai dari harga standar sampai harga termahal.

Ya… memang kopi luwak terkenal dengan harganya yang selangit sehingga tak heran jika penggemarnya adalah orang menengah ke atas. Kali kita akan membahas fakta-fakta tentang kopi luwak. Berikut fakta menarik tentang kopi luwak :

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak

  1. Kopi yang berasal dari kotoran musang kelapa

Nama lain dari kopi luwak adalah kopi musang karena kopinya diambil dari kotoran atau feses musang kelapa yaitu mamalia kecil, berbulu dan memiliki ekor panjang yang suka memanjat pohon. Mereka biasanya memakan buah-buahan dan biji-bijian salah satunya yaitu biji buah kopi yang nantinya akan dikeluarkan bersama feses musang.

Musang kelapa tidak dapat mencerna biji jadi saat membuang kotoran biji yang dikeluarkan masih utuh kemudian para ahli luwak mengumpulkan kotoran tersebut. Mereka memisahkan biji dari kotoran, mencuci dan mengeringakannya.

Setelah melalui beberapa rangkain proses itu akhirnya kotoran musang kelapa menjadi kopi luwak yang harganya merajai di pasaran. Meskipun terdengar demikian tapi cita rasa kopi luwak ini khas dan sangat kental dilidah.

>> Pilih paket wisata ini : Tour Singapore 4 Hari 3 Malam

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak

  1. Penemuan kopi luwak pertama kali

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak. Di balik penemuan kopi luwak ini tak terlepas dari zaman kolonialisme Eropa. Saat itu, Spanyol, Belanda, Inggris dan Portugal menemukan sebuah benih kopi di Yaman pada abad 16.

Dan pada abad ke 17, Belanda mulai menuju Asia terutama ke daerah yang memiliki sumber daya alam pertanian. Belanda menjadi salah satu importir kopi dan menyelundupkannya ke luar Yaman. Lalu mereka menanam biji kopi itu di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Belanda memperkerjakan warga lokal di perkebunan dengan bayaran yang sangat jauh dari kata layak. Bayaran yang diberikan Belanda itu sangat rendah sehingga nantinya mereka dapat menjual kembali kopi ke negara mereka. Para warga dilarang untuk memetik buah kopi dan mereka juga tidak mampu membeli kopi sendiri. Hingga akhirnya, mereka mencari jalan untuk mencicipi kopi.

Mereka menyadari bahwa musang kelapa memakan buah kopi namun bijinya tidak dapat dicerna dan tetap menyatu dengan kotorannya. Akhirnya kotoran musang kelapa tersebut dikumpulkan dan diolah menjadi minuman kopi dan menghasilkan aroma yang sangat khas.

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak

  1. Alasan rasa kopi luwak yang nikmat

Kopi luwak terasa sangat nikmat karena musang kelapa pintar memilih biji kopi terbaik dan juga memiliki pengaruh terhadap pencernaan. Saat biji kopi berada di saluran pencernaan musang kelapa, maka biji kopi akan menyerap beberapa asam dan enzim di dalam saluran pencernaan tersebut. Sehingga terjadilah fermentasi dan menciptakan rasa yang nikmat dan khas. Cita rasa kopi ini sangat lembut seperti cokelat pahit.

Tidak heran jika memang harga kopi luwak ini sangat mahal. Di Thailand harga satu kantong kopi dengan kemasan 50 gr dapat mencapai 70 dollar. Sedangkan salah satu kedai kopi yang berada di Santa Monica, California, menu kopi dijual dengan harga 70 dollar US tanpa bahan campuran apapun.

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak

  1. Berpengaruh terhadap populasi luwak

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak. Karena harga kopi luwak yang mahal maka banyak orang yang tergoda untuk memproduksinya dengan biaya murah. Banyak orang yang manangkap luwak diatur ke dalam kandang dan dipaksa untuk memakan kopi. Sehingga banyak luwak yang stres, kurang gizi bahkan menjadi mati. Selain berpengaruh terhadap kualitas kopi luwak yang jadi semakin menurun.

>> Klik Juga : Paket Tour Singapore Legoland

Fakta Menarik Tentang Kopi Luwak

  1. Dampak yang baik untuk kesehatan

Kandungan kafein dalam kopi luwak rendah, begitu pula dengan tingkat keasamannya. Sehingga kopi luwak sangat aman dikonsumsi oleh orang yang menderita maag. Kopi luwak juga dipercaya dapat mencegah berbagai jenis penyakit seperti penyakit saraf, kanker payudara, parkinson, batu empedu dan diabetes. Kopi luwak juga bermanfaat untuk pencegahan gigi berlubang dan menjaga kecantikan kulit.

Ternyata Indonesia menjadi produsen kopi luwak tebesar yang ada di dunia dengan produksi  biji kopi yang dapat mencapai 200 gram per tahun. Nah dari pernyataan ini pastinya anda akan semakin cinta dan bangga dengan negara Indonesia. Mulai dari sekarang kita harus tetap mempertahankan dan mengembangkan potensi-potensi yang Indonesia miliki.

Memanfaatkan sumber daya alam yang ada tanpa merusak atau mencuranginya. Kita harus tetap selalu berkomitmen untuk melestarikan alam mulai dari lingkungan hingga kekayaan isi alam tersebut. Banggalah dengan Indonesia dengan cara menjadi warga negara yang lebih baik dan mencintai alam semesta.

>> Klik juga : Paket Wisata Legoland Malaysia Murah