Festival Tahunan Keren Yang Ada Di Bali

festival layang layang di bali, wisata bali murah, tour bali murah, Festival Tahunan Keren Yang Ada Di Bali

Festival Tahunan Keren Yang Ada Di Bali, Tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona Bali juga memiliki kesenian budaya yang unik dan beragam. Kesenian dan Budaya ini menjadi magnet yand dapat mendatangkan banyak wisatawan.

Bagi anda pencinta seni dan budaya wajib mengeksplore Bali sebagai destinasi wisata budaya yang menarik. Festival budaya ini telah ada sejak berpuluhan tahun lalu dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan anda tentang salah satu kekayaan warisan Indonesia.

Untuk menyaksikan setiap festival budaya anda tidak dikenakan biaya apapun. Penasaran dengan festival tahunan keren yang ada di Bali ? simaklah beberapa pemaparan berikut :

Festival Tahunan Keren Yang Ada Di Bali

  1. Festival Layang – Layang (Bali Kite Festival)

Festifal tahunan yang selalu dinanti wisatawan adalah salah satu event favorit di Bali. Awal digelarnya festival ini mulai tahun 1979 yang selalu diikuti banyak peserta International Kite Flying Club.

Saat tibanya fastival ini area akan dipenuhi para peserta yang sedang bermain layangan dengan beragam bentuk dan warna yang nampak indah menghiasi langit. Event ini biasa digelar saat musim angin tiba pada 22-24 Juli  hingga bulan Oktober di Pantai Padanggalak, Sanur.

>> Klik Juga : Paket Wisata Bali 3 Hari 2 Malam 

Pesta Kesenian Bali, tour bali, wisata bali

  1. Pesta Kesenian Bali (PKB)

Event yang selalu dinanti ini rutin di selenggarakan tiap tahunnya yang menampilkan beberapa jenis kesenian seperti seni tabuh, seni tari, kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Festival Kesenian Bali ini telah ada sejak jutaan tahun lalu yang dapat memberikan wawasan luas untuk wisatawan. Bali memang telah menjadi rumah festival budaya maupun wisata bagi wisatawan asing maupun lokal.

PKB ini adalah event atau pameran kebudayaan yang memiliki fungsi pendidikan, budaya dan ekonomi masyarakat. Festival ini berlangsung di Taman Werdi Budaya, Art Centre, Denpasar setiap tanggal 11 Juni sampai 9 Juli.

Kuta Karnaval Bali, tour bali, wisata bali

  1. Kuta Karnaval

Festival yang selalu menjadi wisatawan terutama turis asing ini mampu membuat kagum akan budaya yang dimiliki Indonesia. Kuta Karnaval ini pertama kali digelar setelah terjadinya peristiwa bom Bali tahun 2002.

Event tahunan ini selalu dimeriahkan dengan acara Bali Art, Kite Festival, pemutaran film, cultural paradise, pameran kartun, fashional karnaval dan olahraga air. Tak hanya itu bagi wisatawan yang membawa buah hatinya dapat menikmati movie screening, foof festival, fashion show dan childern playgroup. Kuta Karnaval ini rutin digelar setiap tahun pada bulan Oktober.

Festival Ogoh-ogoh, wisata bali, tour bali

  1. Festival Ogoh-ogoh

Nyepi merupakan hari raya bagi umat Hindu yang rutin diadakan setaip tahun baru Saka. Asal kata nyepi ini adalah senyap dan aktifitas di pulau Bali akan terhenti sejenak ketika Hari Raya Nyepi tiba.

Festival Ogoh-ogoh ini biasa digelar saat sore menjelang sunset yaitu pada masa Pengerupukan sehari sebelum nyepi. Ogoh-ogoh sendiri merupakan boneka yang berbahan dasar bambu yang dilapisi kertas dan dibuat dengan sedemikian rupa sehingga menjadi simbolisi agar terhindar dari unsur-unsur negatif.

>> Klik Juga : Paket Wisata Lombok Murah 

Sanur Village Festival Bali, wisata bali, tour bali

  1. Sanur Village Festival

Sebagai objek wisata yang terkenal dengan pesona sunsetnya, Sanur juga menyimpan budaya yang kuat dan populer. Kegiatan yang ada di SVF ini terdiri dari kuliner, pameran, fotografi, dialog seni budaya juga olahraga. Sanur Village Festival rutin di selenggarakan setiap tahun pada 24-28 Agustus di Maisonette Area, Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur.

Anda akan disuguhkan dengan program andalannya yaitu Sanur kreatif Expo, Sanur Run, International Kite Festival, Yoga Competition, Fun Games, Food Heritage dan lain-lain. Fungi dari festival ini untuk memajukan pembangunan seni, pariwisata, budaya dan ekonomi.

Festival Seni Tanah Lot, wisata balli, tour bali murah

  1. Festival Seni Tanah Lot

Festival tahunan ini mulai diadakan tahun 2009 silam ini ditunjuk juga sebagai kegiatan wisata daerah Tabanan khususnya Tanah Lot. Festival Seni Tanah Lot rutin di selenggarakan setiap tahunnya selama seminggu pada bulan Mei. Tak hanya tajuh hati dengan festival makepun, anda juga akan menikmati pesona pura tanah lot.

Kesenian yang dapat anda saksikan yakni tari-tarian, patung, lukisan, kliner serta gamelan tradisional. Festival ini juga berkonsep pengembangan pariwisata yang berbasis budaya khas Bali.

Festival Makepung bali, tour bali, wisata bali

  1. Festival Makepung

festival ini serupa dengan fesrival Karapan Sapi di Madura. Bali juga terkenal dengan festival Makepung yang menjadi favorit wisatawan. Makepung sendiri yaitu “grandprix” tradisional masyarakat Bali yang selalu berlangsung di Kabupaten Jembrana setelah musem panen berakhir atau kiranya pada bulan April, Mei dan Juni.

Awalnya festival makepung ini adalah permainan petani yang dilakukan saat membajak sawah, seiring waktu berjalan permainan ini diminati banyak orang dan hingga akhirnya rutin diselenggarakan sebagai festival rutin tiap tahunnya.

Bali International Film Festival, tour bali, wisata bali

  1. Bali International Film Festival (Balinale)

Dan festival tahunan keren yang ada di Bali yang terakhir adalah Bali International Film Festival. Event ini merupakan festival film internasional yang rutin di selenggarakan di Bali. Acara ini merupakan kesempatan para sutradara Indonesia untuk menampilkan karya terbaik mereka pada masyarakat global.

Festival ini mulai didirikan tahun 2007 lalu oleh aktris dan produser terkenal Indonesia yaitu Ibu Christine Hakim atas naungan Yayasan Bali Taksu Indonesia. Film yang ditampikan dalam festival ini beragam tempat, budaya, manusia dan biasa berlangsung bulan September. Hal unik dan sudah jarang dijumpai yaitu layar tancap, anda dapat menyaksikan film sekaligus menambah wawasan di acara Balinale.