Gedung Sultan Abdul Samad Destinasi Ternama di Malaysia

Gedung Sultan Abdul Samad, tour malaysia, wisata malaysia

Gedung Sultan Abdul Samad Destinasi Ternama di MalaysiaGedung Sultan Abdul Samad merupakan gedung yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Gedung ini dibangun pada abad 19 dan digunakan pertama kali sebagai pusat pemerintahan kolonial Britania Raya.

Dalam perjalanan sejarah Pemerintah Britania di Selangor membuthkan pemerintahan yang baru. Sebelumnya ibu kota Selangor berada di wilayah Klang. Daerah yang cukup jauh dari Kuala Lumpur.

Ikon Gedung Sultan Abdul Samad berada di depan Dataran Merdeka dan Royal Selangor Club disepanjang Jalan Abdul Ramah. Ketika ada peristiwa penting gedung akan dihiasi dengan rancangan gaya Moor dan menara jam unik. Yang sering menjadi spot foto populer di kawasan ini.

Dataran Merdeka adalah tempat paling bersejarah di Malaysia. Dimana lokasi diturunkannya bendera Inggris dan dikibarkannya bendera Malaysia untuk pertama kali. Pada tanggal 31 Agustus 1957 lalu.

Sultan Abdul Samad yang sempat memerintah Selangor tahun 1857 sampai tahun 1898 sepakat untuk memindahkan ibu kota Selangor menjadi ke Kuala Lumpur. Pembangunan Gedung Sultan Abdul Samad pun mulai dilakukan sekitar tahun 1898.

Meskipun perletakan batu pertama baru diadakan tanggal 6 Oktober 1894. Oleh Gubernur Jendral Negeri-negeri Selat yakni Sir Charles Bullen Hugh Mitchell K.C.M.G. Reseden Brotania di Selangor kala itu dipegang oleh W.H. Treacher C.M.C. Setelah siap sepenuhnya gedung ini diresmikan oleh Residen Jenderal Selangor yang bernama Sir Frank Swettenham K.C.M.G pda tanggal 4 Arpil 1897.

>> Baca juga : Wisata Kuliner di Gurney Drive Penang yang Sangat Populer

Gedung ini kemudian menjadi gedung perkantoran pemerintahan kolonial Britania Raya yang dikenal dengan nama New Goverment Offices. Pada tahun 1974 setelah beberapa tahun Malaysia memperoleh kemerdekaan.

Pemerintahan Negeri Selangor ini dipindahkan ke Shah Alam sementara kantor pemerintahan Malaysia pindah ke Jalan Duta. Maka dari itu, nama gedung ini berubah menjadi Gedung Sultan Abdul Samad.

Gedung Sultan Abdul Samad adalah bangunan terbesar pada masanya. Gedung ini memiliki gaya arsitektur Mughal dan Moor.

Dan dirancang oleh seorang asritek yang bernama Arthur Charies Alfred Norman. Lokasi Gedung Sultan Abdul Samad sendiri terletak di Jalan Raja, Kuala Lumpur, Malaysia. Gedung ini berada tepat di depan wisata Dataran Merdeka.

Untuk menuju ke lokasi Gedung Sultan Abdul Samad anda dapat memilih beberapa pilihan. Anda dapat mengaksesnya dengan mudah.

Gunakanlah jalur PUTRA kemudian turun di Pasar Seni atau Masjid Jamek. Dan untuk lebih jelasnya anda dapat menanyakan pada warga sekitar lokasi Gedung Sultan Abud Samad.

>> Kunjungi juga : Paket Tour Malaysia Murah 2018