Golden Mount atau Wat Saket Tawarkan Keindahan Unik Thailand

Golden Mount atau Wat Saket Tawarkan Keindahan Unik Thailand, tour thailand, tour bangkok

Golden Mount atau Wat Saket Tawarkan Keindahan Unik Thailand. Wat Saket Ratcha Wora Maha Wihan (Golden Mount / Phu Khao Thong) merupakan sebuah candi atau wat dengan chedi atau stupa berbentuk lonceng.

Dengan tingginya yang mencapai 58 meter berwarna kuning emas. Dengan berisikan peninggalan relic sang Budha pemberian India.

Tercatat telah ada sejak masa Ayutthaya tahun 1600 lalu. Namun dahulu namanya adalah Wat Sakae. Kemudian diadakan renovasi atas perintah dari Raja Rama I tahun 1800-an. Saat pemerintahan Raja Rama III ini runtuh. Akibat tanah luncak dibawah yang tidak mampu menahan beban.

Raja Rama IV kemudiaan membangun chedi kecil di bagian puncaknya. Dan dilanjutkan oleh Raja Rama V. Hingga akhirnya tahun 1940 dibangun tembok untuk mencegah tanah bukit agar tidak erosi.

Golden Mount dibangun diatas bukit buatan manusia. Pada lantai dasarnya terdapat kapel utama, aula pentahbisa community centre, perpustakaan serta sekolah.

Golden Mount atau Wat Saket Tawarkan Keindahan Unik Thailand, tour thailand, tour bangkok

Sebelum menaiki tangga, kita akan menemukan sebuah kuburan yang dibangun pada dasar Wat Saket. Kemudian terdapat juga taman kecil dengan air terjun gemercik nan indah.

Dan bunyi denting lonceng digabung dengan rimbunan pepohonan hijau dan merambat. Terdapat juga asap dari kipas angin yang mengepul seperti embun tipis sehingga membuat suasana jadi sedikit khusuk.

Namun terapat sedikti sejarah spookin di tempat ini. Karena dahulunya skitar abad 18. Wat Saket meurpakan sebauh tempat kremasi dan tetmpat pembuangant mayat dengan korban wabah yang mencapai 60.000 jiwa.

Para korban tersebut menjadi suatu makanan para burung nasar yang sedang berterbangan di kawasan itu.

Wat Saket atau Golden Mount umumnya tidak dianggap sebagai candi penting. Namun tidak seramai candi-candi yang terkenal. Sepeti Wat Po, Wat Arun dan Wat Phra Kaew.

Sebagian besar wisatawan yang datang kesini hanya untuk menikmati keindahan Golden Munt. Tapi tepat saja pengunjung diminta untuk menghormati tempat ibadah dengan mengenakan pakaian sopan.

Untuk dapat mencapai ke puncak kita harus melewati 318 anak tangga dahulu. Yang dibuat melingkar spilat menyerupai ular. Anak tangganya tak terlalu tinggi.

Sehingga terkadang kita dapat langsung melangkahi 2 sampai 3 anak tangga sekaligus. Untuk melewati tangga ini kita membutuhkan 10 sampai 15 menit saja.

Golden Mount atau Wat Saket Tawarkan Keindahan Unik Thailand, tour thailand, tour bangkok

Ketika telah mendekati puncak, kita akan disambut dengan deretan lonceng yang dapat dibunyikan. Dengan kepercayaan untuk mendapatkan keberuntungan.

Terdapat gong besar yang harus dibunyikan sebanyak 3 kali. Sambil mengucapkan “make a wish” atau harapan.

Terdapat juga beberapa bangku untuk istirahat sebentar. Sambil menikmati segarnya semilir angin. Terdapat juga coffee shop kecil. Bagi anda yang mungkin merasa haus dan ingin bersantai.

Pada zamannya, Wat Saket atau Golden Mount ini merupakan titik tertinggi di Bangkok. Sebelum adanya bangunan pencakar langit yang muncul sekitar abad 20.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi saat menjelang sore. Karena cuaca tidak begitu panas menyengat. Dan anda dapat menikmati pemandangan indah sunset luar biasa di Bangkok. Tanpa harus membayar mahal sepeti yang ada di rooftop cafe atua hotel berbintang lima.

Jadi saat ke Bangkok, jangan lupa berkunjung ke Golden Mount. Karena di tempat ini mata akan dimanajakan. Dan hati juga akan merasa lebih tenang dan bahagia.

Semua rasa lelah saat menaiki anak tangga akan terbayarkan. Saat menikmati pemandangan 360 derajat dari distrik kota tua Bangkok. Termasuk pemandangan Rattanakosin Island, Wat Arun dan Grand Palace.

Pemandangan dari atas Wat Saket ini sangat menakjubkan. Karena kita dapat menikmati dengan jelas panorama Kota Bangkok. Dengan beragam jenis bangunan. Mulai dair bangunan pencakar langit sampai awan yang biru mempesona.

Terkadang bunyi gong berdentam, kerincing bel dan doa yang diucapkan para monk di bawah. Sungguh menjadi suatu moment yang berkesan dan tak terlupakan.

>> Lihat Promo Wisata : Paket Tour Bangkok Murah

Golden Mount atau Wat Saket Tawarkan Keindahan Unik Thailand, tour thailand, tour bangkok

Setelah tiba ke puncak terdapat altar untuk bersembahyang. Anda dapat memberi sumbangan bunga. Dupa dan lilin. Meduian kita jgua dapat menaiki tangga kecil untuk menuju ke lantai paling atas. Diamana merupakan Golden Mount berada.

Selain pemandangan indah, Golden Mount juga memiliki daya tarik lain. yaitu dari segi fasilitasnya. Terdapat WiFi gratis. Sehingga para pengunjung dapat langsung menunggah foto hasil jempretan langsung dari Golden Mount.

Candi ini merupakan situs ziarah suci yang selama bulan November diadakan acara temple fair. Temple fair ini dilangsungkan selama 9 hari. Pada waktu bulan purnama atau festival Loy Krathong. Dimana terdapat upacara menyembelih peninggalan dari Budha.

Selama periode ini, chedi emas akan dibungkus dengan kain besar yang berwarna merah terang. Sepeti jubah monk, dan terdapat proses indah dari penyalaan lilin.

Sampai ke atas Wat Saket. Candi ini akan berhiaskan banyak lentera cantik. Dan membawa kesan eksotis warna-warni.

Di sekitaran Golden Mount terdapat banyak para penjual makanan. Selain itu, di tempat ini terdapat permainan ketangkasan, sirkus hewan, pertunjukan teater dan wahana permainan anak yang menarik.

Jika tertarik dengan Golden Mount ini anda dapat berkunjung ke Antar Boriphat Road dan Lan Lan Luang Road, Thailand.

>> Info Promo : Paket Wisata Murah ke Thailand