Indahnya Panorama di Taman Ujung Karangasem Spot Prewedding Terfavorit

Taman Ujung Karangasem, tour bali, wisata bali

Indahnya Panorama di Taman Ujung Karangasem Spot Prewedding TerfavoritBukan hanya pantai, wisata alam namun Bali juga tempat bersejarah yang menarik.

Taman Ujung Karangasem adalah salah salah tempat yang menarik untuk spot foto prewedding. Tempat ini telah terkenal sebagai lokasi foto prewedding terfavorit di Pulau Bali. Dan juga sebagai tempat wisata alam terkenal di Bali.

Taman Ujung Karangasem ini juga memiliki sisi sejarah yang menarik. Pada zaman penjajahan Belanda dahulu. Taman Ujung Karangasem disebut-sebut sebagai waterpaleis yang artinya adalah istana air.

Para calon pengantin banyak yang memilih Taman Ujung Karangasem sebagai lokasi untuk foto prewedding favorit mereka. Karena bangunan ini memiliki arsitektur yang menakjubkan. Taman ini dikenal sebagai Taman Sukasada.

Taman ini dibangun sejak tahun 1909 lalu atas permintaan dari Raja Karangasem yakni I Gusti Bagus Jelantik. Dengan bergelar Anak Agung Ketut Karangasem Anglurah.

>> Baca juga : Nuansa Jingga Yang Indah di Desa Temukus Bali

Pembangunn Taman Ujung Karangasem dilakukan dengan menggunakan jasa arsitektur asal Belanda. Yang bernama Den Hentz dan arsitektur asal cina yakni Loto Ang. Meskipun begitu, tapi bangunan istana air ini dibuat menggunakan desain arsiktektur khas Bali.

Pembangunan istana air ini awal mulanya sebagai perluasan dari Kolam Dirah. Yang telah dibangun sejak tahun 1901 lalu. Pembangunan istana ini menghabiksan waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, baru pada tahun 1921 saja. Pembangunan Taman Ujung Karangasem baru selesai.

Selanjutnya istana yang tercatat sebagai hak kepemilikan pribadi kelurga Kerajaan Karangasem. Dibuatkan sebuah prasati marmer yang bertuliskan dalam dua bahasa. Yakni dalam Bahasa Bali serta Bahasa Melayu.

Sayangnya, keberadaan istana air ini tergerus oleh perkembangan zaman sekarng. Pada awal pembangunannya Taman Ujung Karangasem memiliki luas 400 ha. Tapi sekarang ini kompleks istana air ini hanya memiliki lahan 10 ha. Alasannya karena sebagian besar wilayahnya dibagikan kepada rakyat keitka masa reformasi tanah.

Selain itu, Taman Ujung Karangasem juga pernah rusak parak. Kerusakan tersebut terjadi pada tahun 1963. Rusaknya bangunan taman ini karena bencana letusan Gunung Agung, guung tertinggi di Pulau Bali.

Taman Ujung Karangasem berada di Banjar Ujung. Termasuk wilayah dari Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Bali. Untuk menuju ke lokasi wisata ini anda dapat menggunakan jasa travel.

Untuk dapat menikmati keindahan dari Taman Ujung Karangasem anda hanya perlu membayar Rp 10.000,- saja untuk per orangnya. Dan untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000,- saja.

>> Lihat juga : Paket Tour Bali 3 Hari 2 Malam