Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia. Siapa orang yang tak mau liburan ke Kuala Lumpur ? tentunya tak ada satu orang pun yang menolak. Kuala Lummpur sebagai ibu kota negara Malaysia selalu berhasil memikat hati wisatawan dengan beragam daya tariknya. Semua kemudahan akses transportasi Malaysia telah sangat memadai sehngga tak heran jika jumlah penggunanya juga banyak.

Dalam garis besar terdapat dua macam jenis transportasi umum di Kuala Lumpur yakni bus dan transportasi yang berbasis rel. Kenapa taksi tidak termasuk dalam bahasan ini ? karena dalam memesan taksi di Malaysia tak ada perbedaan dengan Indonesia. Kedua transportasi umum di Malaysia ini tergolong murah dan nyaman.

Meskipun transportasinya belum se-rapid dan sebaik MRT Singapura namun sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan Jakarta. Anda tak perlu bingung untuk mencari informasi peta MRT atau LRT karena mudah untuk ditemukan di halte-halte atau membaca lebih jelas di internet. Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

Kereta Monorail (LRT)

Terdapat 4 jenis transportasi berbasis rel di Kuala Lumpur yakni KL Monorail, Light Rapid Transit (LRT), KTM Komuter dan KIA Exspress atau KLIA Transit. Keempat jenis tersebut dikenal sebagai sebuah sistem bernama Klang Valley Integrated Rail Transit. Monorail atau monorel adalah moda transportasi (bukan sistem) tansportasi yang berbasis rel dan hanya memiliki satu jalur rel sebagai tumpuan.

Sebuah kereta monorel biasanya tidak membawa banyak gerbong. KL Monorel saja hanya memiliki dua gerbong dengan jalur di pusat kota. Tempat duduk di dalam kereta monorel juga ditata dengan saling membelakangi.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia. Tiket kereta monorel ini dapat anda beli di vending machine, perhatikan ada vending machine khusus menerima koin jadi jangan sampai salah antri. Penggunaan kereta monorel sama saja dengan MRT Singapore.

>> Klik : Paket Wisata Universal Studio Singapore

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

Pilihlah satu tujuan lalu akan ada tempilan jumlah nominal yang harus dibayar dan tinggal masukan saja sjumlah uang yang diminta. Jika uang tidak pas anda juga akan diberikan uang kembalian dan sebuah tiket yang berbentuk koin.

Tekan koin pada entry gate untuk masuk dan masukanlah pada slot exit gate jika anda telah sampai pada tujuan. Jadi jangan harap anda dapat menyimpan koin untuk kenang-kengan ya.

KL Monorail sudah terintegrasi dengan LRT jadi anda tak perlu beli tiket lagi jika ingin berganti jalur. Misalnya jika anda inign pergi ke Masjid Jemek dari Bukit Binitang untuk menuju kesana harus menggunakan monorail sampai Hang Tuah lalu pindah ke jalur LRT sampai ke masjid.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

>> Klik juga : Paket Wisata Singapore Malaysia

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia. Maka pada saat pembelian tiket di vending machine Stesen Monorail Bukit Bintang anda langsung memilih Stesen Masjid Jemek. Setelah sampai di Stesen Hang Tuah keluarlah dari peron monorail lalu ikuti pentunjuk menuju jalur LRT.

Terdapat 2 jenis jalur LRT yakni jalur Ampang (Sri Petaling) dan Kelana Jaya. LRT menghubungkan pusat kota Kuala Lumpur dengan daerah-daerah penggiran di kawasan kota metropolitan. LRT bukanlah moda transportasi namun sebagai sistem. Sebuah LRT tak hanya dapat mengangkut penumpang sebanyak MRT namun tetap tetap efisien, cepat dan terjangkau.

Tiket dapat anda beli melalui vending machine   pertama-tama layar akan menampilkan nama jalur yang akan anda gunakan. Jadi kuncinya anda harus mengetahui stasiun tujuan dan berada di jalur apa. Setelah menentukan stasiun tujuan layar akan menampilkan biaya yang harus dibayar. Jumlah penumpang juga dapat anda tambahkan bila perlu. Bentuk kereta LRT Kuala Lumpur mirip dengan Jakata Commuter Line.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia. Bentuk platform untuk LRT dan Monorail cukup sederhana. Platform setengah terbuka itu memiliki atap melengkung yang ditopang menggunakan rangka baja. Terdapat pintu penghalang yang membatasi platform dengan lintasan rel tapi tidak otomatis. Beberapa pintu juga berada dalam keadaan terbuka sementara yang lainnya tertutup.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

 

KTM Komuter (Kereta Tanah Melayu)

Kereta api dengan KTM Komuter ini tidak terintegrasi dengan LRT dan monorel jadi harus membeli tiket sendiri. Tiket dapat anda beli di vending machine atau loket petugas di stasiun dan harganya juga sangat murah hanya RM 2 dari KL Sentral ke Batu Caves.

Meskipun murah namuan KTM Komuter ini sangat nyaman dan ada juga kereta yang memiliki tempat duduk berhadapan dan ada juga kursinya yang berderet seperti kereta api bisnis di Indonesia.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia. Lintasan Komuter ini tidak melayang namun juga melintas di jalan raya bahkan ada saatnya berjalan di bawah tanah. Anda dapat memilih jalur Seremban atau jalur Pelabuhan Klang (Port Kalng)

>> Kunjungi : Promo Harga Paket Wisata Singapore

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

Untuk mengetahui jadwal, rute dan biaya selengkapnya dapat anda lihat di webiste resmi KTM Berhard. KLIA Express dan KLIA Transit lebih didesikansiakan sebagai alat transportasi dari Bandara baik KLIA maupun KLIA 2 Airport.

Kereta dan lintasannya sama hanya saja jika KLIA Transit memiliki 3 stasiun perhentian yakni di Bandar Tasik Selatan, Putrajaya serta Salak Tinggi. Untuk tarif KLIA Exspkress berkisar antara 35 RM dan tergantung dari tujuan. Tiket ini dapat anda beli di vending machine atau loket petugas.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia

Rapid KL Bus

RapidKL bisa dikatakan telah menguasai urusan transportasi yang ada di Kuala Lumpur. Bus RapidKL juga membawahi monorail, dan LRT. Meskipun bukan sebuah sistem Bus Rapid Transit (BRT) namun bus ini dapat diandalkan dalam armada dan rutenya yang banyak. Bus RapidKL identik dengan warna putih biru.

Ini Penting Untuk Memahami Sistem Transportasi di Malaysia. Anda dapat naik ataupun turun di halte yang berupa ruang tunggu khusus di trotoar dengan bangku panjang yang dinaungi dengan atap melengkung ditegaskan dengan sebuah papan rambu lalu lintas lengkap dengan logo bus.

Pembayaran dilakukan saat berada di dalam bus dengan memasukan uang ke dalam kotak kecil samping pak sopir. Atau bisa juga dengan menekan karu kalau anda tidak memiliki uang kembalian ataupun uang tunai.

>> Pilih juga : Harga Paket Tour Singapore 3 Hari 2 Malam