Melirik Sejarah di Museum Geopark Batur Bali

Museum Geopark Batur Bali, tour bali, wistaa bali, wisata indonesia

Melirik Sejarah di Museum Geopark Batur Bali. Bali bukan hanya terkenal dengan pantai pasir putihnya yang mempesona. Pulau Bali ini juga terkenal sebagai surganya museum. Salah satu museum yang baru saja diresmikan dan wajib untuk dikunjungi adalah Museum Geopark Batur.

Museum Geopark Batur Bali telah diresmikan pada tanggal 1 April 2016 oleh Menteri ESDM Sudiram Said. Museum yang satu ini menampilkan beberapa koleksi yang berkaitan dengan tiga pilar geopark. Yakni keanekaragaman geologi, keanekaragaman hayati serta keanekaragaman wujud budaya.

Di Museum Geopark Batur, para pengunjung dapat mengenal sejarah dan geopark dari Gunung Batur dengan lebih dekat. Museum ini dibangun diatas lahan seluas 1 hektar. Museum Geopark Batur memiliki fungsi sebagai pusat informasi geopark, baik itu geopark Batur ataupun geopark nasional lainnya yang terdapat di 33 titik lokasi.

Museum Geopark Batur Bali, tour bali, wistaa bali, wisata indonesia

Museum Geopark batur ini dibangun berdasarkan kerjasama antara Direktorar Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral serta Bappeda Kabupaten Bangli.

Pembangunan mueseum ini dilakukan setelah geopark Gunung Batur ditetapkan oleh UNESCO. Sebagai jejaring dari Geopark Global pada tanggal 20 September 2012 lalu. Terdapat keunikan sendiri di geopark Batur. Yang pastinya tidak dimilliki oleh geopark lain yakni Gunung Batur memiliki dua kaldera.

>> Baca juga : Garuda Wisnu Kencana Wisata Terkenal di Bali

Yang Istimewa adalah di dalam kaldera I terbentuk kaldera II. Kaldera pada Gunung Batur ini diperkirakan terbentuk setelah terjadi dua kali letusan besar pada 29.300 dan 20.150 tahun silam. Pada kaldera II juga terdapat danau yang menyerupai bentuk bulan sabit dengan panjang 7,5 km dan lebar 2,5 km. Danau tersebut dikenal dengan nama Danau Batur.

Museum Geopark Batur Bali, tour bali, wistaa bali, wisata indonesia

Museum Geopark batur memiliki 2 lantai. Pada lantai pertama terdapat lobby utama dengan ruangan yang menyajikan aneka geologi.

Di ruang lobby utama para pengunjung dapat melihat diorama Gunung Batur. Diorama yang disajikan dalam bentuk miniatur Gunung Batur. Dan Danau batur yang berbentuk segi empat dengan ukuran 2,5 X 2 meter.

Pada lantai dua ruangan museum ini terdapat keanekaragam hayati, budaya dan ruangan auditorium. Dan anda juga dapat menyaksikan beragam judul film edukasi tentang gunung api dan juga geopark.

Di dalam Museum Geopark Batur anda juga dapat mengamati aktifitas vulkanisme Gunung Batur yang tersedia di pos pengamatan. Kegiatan seperti ini tentunya dapat menambah wawasan anda. Jadi, jangan malas untuk rekreasi ke museum ya guys…

>> Promo Wisata Asia Lainnya : Paket Tour Bangkok Pattaya