Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Pulau Bali ini ingin menghabiskan waktu liburan di pantai atau tempat-tempat eksotis.

Padahal, Bali tidak hanya terpaku dalam objek wisata seperti itu. Bali juga memiliki banyak tempat wisata bersejarah yang dapat menjadi pilihan anda untuk berlibur.

Dengan berlibur ke tempat-tempat bersejarah maka anda akan memperoleh banyak wawasan.

Beberapa tempat wisata sejarah di Bali akan kami bahas pada artikel ini, jangan lupa baca sampai selsesai ya guys… Yuk Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya.

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

  1. Museum Bali

Secara keseluruhan, Museum Bali memiliki banyak peninggalan benda-benda bersejarah masa lampau yang ada di Bali. Dalam museum ini dipisahkan menjadi 4 bangunan tersendiri.

Selain beragam jenis artefak bersejarah, replika dan diorama masih banyak juga hal menarik lain di museum.

Salah satu daya tarik dari museum ini adalah pada arsitekturnya yang unik. arsitektur di tempat ini memiliki tatanan ukiran yang sangat rumit namun indah jika dilihat.

Lokasi Museum Bali terletak di pusat kota tua Denpasar. Museum Bali telah menjadi bagian dari tujuan tour wisata dengan berkunjung ke Pura Jagatnatha dan Pasar Kumbasari yang berada di Kawasan Heritage Kota Denpasar.

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

  1. The Sukarno Center

Bagi para pengagum sosok Prokalamator Indonesia tentu akan berkunjung ke tempat ini. The Sukarno Center sendiri telah didirikan sebagai pusat studi terhadap pemikiran-pemikiran dari Ir. Soekarno oleh tokoh mudah di Bali yakni Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna.

Bukan hanya itu saja bangunan dengan lantai 3 ini sarat dengan informasi tentang presiden RI pertama.

Di tempat ini anda dapat menemukan benda-benda peningggalan, catatan dan foto-foto yang menghiasi setiap sudut ruangan dengan nuansa warna merah emas.

Jika anda ingin memperoleh banyak informasi dan berlama-lama di The Sukarno Center tak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan ke Istana Tampak Siring dan Goa Gajah yang berada dalam satu jalur perjalanan dengan museum.

>> Info Wisata : Paket Wisata Murah ke Bali 

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

  1. Kerta Gosa

Sebelum berfungsi sebagai pengadilan pada tahun 1908 – 1945 tempat ini merupakan tempat khusus bagi Raja dan penasihatnya untuk membahas berbagai hal yang berkaitan dengan hukum.

Bukan hanya arsitektur bangunan yang unik dan menjadi daya tarik wisatawan tapi lukisan dengan gaya wayang khas Desa Kemasan juga menjadi ciri khas pada langit-langit dan pavilion.

Untuk benda bersejarahnya tempat ini anda akan mengetahui tentang keberadaan Kerajaan Klungkung yang dipajang jelas dalam museum khusus dan masih dalam satu kawasan yang sama.

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

  1. Museum Yadnya

Mungkin tidak banyak yang mengenal museum yang satu ini karena berada di kawasan Mengwi, bersebelahan dengan Pura Taman yung.

Museum Yadnya dibangun untuk memajang ogoh-ogoh yang biasanya diarak di sepanjag jalan sehari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi.

Memang tidak semua ogoh-ogoh di pajang di tempat ini hanya yang terpilih saja. Konon yang menjadi pemenang dalam kontes ogoh-ogoh terbaik dalam rangka menyemarakan acara pawai yang ogoh-ogohnya di pajang.

Sisanya yang tidak ikut dipajang kan melewati sebuah ritual berikutnya yakni dibakar. Satu keuntungan bagi wisatawan yang tidak sempat melihat pawai ogoh-ogoh namun masih dapat menyaksikan seni dalam bentuk patung raksasa yang menyeramkan namun mengagummkan.

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

  1. Tirta Gangga

Membahas tentang wisata peninggalan sejarah tidak harus serta merta tentang museum. Tirta Gangga sendiri meupakan istana air yang berada dalam lahan seluas 1 hektar dan peninggalan dari Kerajaan Karangasem.

Di tempat ini terdapat taman dan kolam-kolam besar lengkap dengan hiasan air mancur. Patung-patung yang ada di tempat ini juga termasuk patung terpanjang di istana yang dibangun untuk menghormati umat Hindu Bali.

Tirta Gangga sendiri adalah air suci Sungai Gangang. Air ini biasanya digunakan masyarakat untuk upacara adat.

Didalamanya anda dapat menikmati kejernihan serta kesegaran air yang bersih. Bahkan anda juga dapat merasakan sensasi berenang dalam air bersejarah dengan nuansa kesejukan yang pekat terasa.

Tirta Gangga  memiliki udara yang sejuk karena berada di kawasan kaki Gunung Agung Bali.

>> Promo Wisata Asia Terbaru : Paket Liburan Hemat ke Thailand

Mengenal Sejarah di Bali Dengan 6 Tempat Wisatanya

  1. Taman Ujung Sukasada

Pembangunan taman ini dimulai dari tahun 1901 oleh seorang Raja Karangasem yang bernama I Gusti Bagus Jelantik.

Awalnya pemberian nama kolam Dirah berarti sebagai kolam pembuangan untuk para penguasa ilmu hitam.

Pada tahun 1909 kolam dirah direnofasi atau dirombak menjadi suatu tempat peristirahatan Raja Karangasem.

Dalam renovasi ini melibatkan arsitek ternama dari Tiongkok, Belanda dan arsitek kerajaan dari Bali sendiri.

Dan pada tahun 1921 Taman Ujung Sukasada ini selesai dibangun dan menjadi tempat untuk menjamu para tamu raja selain sebagai tempat istirahat.

Keindahan arsitektur di taman ini begitu megah telebih dengan pilar-pilar tanpa atap tepat diatas anak tanggga.

Ada juga dapat melihat kolam yang luas, yang menjadi peninggalan sejarah dalam pendiran Taman Ujung Sukasada ini.

Lokasi taman bersejarah yang nyaman dan indah ini berada di kawasan Karangasem dan menjadi salah satu tempat favorit spot foto prewedding.