Obyek Wisata Goa Pindul Jogja

Obyek Wisata Goa Pindul Jogja, Goa Pindul atau Gua Pindul merupakan obyek wisata alam susur gua bawah tanah. Memiliki aliran sungai pada sepanjang lorong, menjadi tempat wisata yang menarik di Jogja.

Cara untuk menikmati objek wisata ini dengan menyusurinya menggunakan peralatan khusus yaitu dengan ban dalam besar dan juga jaket pelampung. Ban besar sudah dimodifikasi dan diberi pengait dengan tali menyilang yang berfungsi jadi tempat duduk atas air.

wisata ke goa pindul, tour goa pindul, wisata jogja murah
goa pindul

Obyek Wisata Goa Pindul Jogja

Jaket pelampung yang dikenakan seperti rumpi mampu menahan berat badan hingga 100 kg dan tetap mengambang di air.  Sebab sudah memenuhi standar SAR. Gua Pindul adalah salah satu dari sekian obyek wisata yang lokasinya di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul.

Klik : Paket Wisata Jogja dari Bandung

Lebih tepat lagi di sebelah timur wisata kota Yogyakarta. Desa ini masuk kategori “Desa Wisata” di GunungKidul Yogyakarta. Sejak tahun 2010 obyek wisata ini dikembangkan masyarakat sekitar dan sampai sekarang masih jadi target destinasi para wisatawan lokal, nasional dan juga internasional.

Goa Pindul panjangnya sekitar 350 meter, penyusuran bisa ditempuh dalam waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu bergantung situasi, kondisi dan juga dari keinginan pengunjung sendiri. Lebar antar dinding kurang lebih 4 meter rata-ratanya, ketinggiannya dari permukaan air dengan dinding atas kurang lebih 5 meter dan memiliki kedalaman air sungai 1-12 meter.

Klik : Paket Wisata Bandung dari Jakarta

Tetapi ada satu zona sempit yang dapat dilewati menggunakan 1 ban/tubing saja. Tak ada batas usia ataupun jumlah minimal peserta. Setiap pengunjung yang ingin menyusuri gua mau tidak mau harus mengenakan peralatan keselamatan yang disediakan pengelola dan harus didampingi pemandu ataupun guide.

goa pindul cave tubing, wisata ke jogja dari bandung, wisata goa pindul
goa pindul cave tubing

Goa Pindul memang memiliki daya tarik keindahan dan juga keunikan tersendiri yang barangkali tidak ada di antara goa-goa tempat wisata yang lainnya, memiliki beberapa mitos bebatuannya yang dapat membuat perkasa dan bahkan sampai awet muda. Mitos-mitos Gua Pindul ini seakan-akan jadi pelengkap indahnya surga tersembunyi ini.

Saat melakukan susur gua, Anda didampingi oleh beberapa guide ataupun pemandu khusus dari operator yang sudah memiliki pengalaman dan paham betul dengan medan serta apa saja yang terdapat di dalam gua tersebut. Saat menyusuri goa Anda akan menemukan beberapa ornamen batu stalagtit yang masih aktif dan ada juga yang sudah tidak aktif yang menjadi hiasan Goa Pindul. Bahkan ada juga pula batu yang disebut batu stalagmit Perkasa dan juga batu stalagtit Mutiara yang terdapat di zona ke dua yakni zona remang. Batu-batu tersebut memiliki mitos-mitos unik kalau ingin tahu lebih lanjut Anda dapat bertanya pada pemandu atau guide yang akan menemani perjalanan Anda.

Klik : Paket Wisata Pulau Tidung dari Bandung

Ketika tiba tepat di tengah-tengah penyusuran Anda akan menemukan zona paling sempit, sebab di zona ini ada sebuah batu Stalagtit yang memiliki ukuran lebar hingga lima rentangan tangan orang dewasa  dan disebut dengan nama “Soko Guru”. Soko Guru berasal dari bahasa jawa kuno yang memiliki arti “Soko = tiang penyangga dan Guru = Gunung / bukit” sehingga Soko Guru dapat diartikan sebagai tiang penyangga dua bukit yang ada di atas Goa Pindul, panjang stalaktit ini kurang lebih 7 meter.

Walaupun saat diteliti lebih lanjut, ternyata batu ini belum menyentuh hingga dasar sungai Pindul. Sebab mengingat kedalaman air zona tersebut berkisar 10 hingga 12 meter. Stalagtit ini adalah yang  terbesar di Goa Pindul dan menduduki peringkat terbesar ke 4 di dunia.

Lihat Ini : Paket Tour Malaysia Murah Hanya Rp.1,500,000/orang ( Promo Wisata ke Malaysia, Hanya Berlaku untuk bulan ini )