Panduan Solo Traveling ke Destinasi Non-Mainstream di Indonesia

Sudah 2 tahun terakhir saya sering melakukan solo traveling ke berbagai destinasi di Indonesia. Bahkan, dari 34 provinsi dari negara kita yang tercinta ini, 31 di antaranya sudah saya datangi. Jika Anda ingin melakukan hal yang serupa, maka 7 destinasi berikut adalah yang paling saya rekomendasikan.

1. Bengkulu

Bengkulu bukan hanya habitat asli dari bunga Raflesia Arnoldi, Bengkulu memiliki banyak sekali objek wisata sejarah dan pantai cantik. Meski letak objek wisatanya saling berdekatan, namun Anda akan sulit mengelilinginya apabila menggunakan transportasi umum karena kondisinya yang kurang memadai. Saya sangat menyarankan Anda untuk menyewa mobil. Tarifnya tergolongg tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp500.000,00 untuk 12 jam pemakaian, termasuk biaya bensin dan supir. Di kota ini, Anda bisa mengunjungi Fort Marlborough, Tugu Thomas Parr, Monumen Hamilton, Danau Dendam Tak Sudah, Rumah Pengasingan Bung Karno, Rumah Fatmawati, dan Masjid Jamik yang sangat unik, serta kuliner di RM Inga Raya, snorkeling di Pulau Tikus, dan menikmati senja di Pantai Pasir Panjang.

fort-marlborough-bengkulu-indonesia

Klik : Paket Wisata Malaysia 

2. Pulau Bangka

Jika dibandingkan dengan pulau di sebelahnya, Belitung, popularitas Pulau Bangka terbilang cukup rendah. Padahal, pulau ini punya banyak objek wisata alam yang tak kalah menarik. Di kota Pangkalpinang, Anda bisa mengunjungi Museum Timah dan Pantai Pasir Padi yang terkenal dengan sunrise-nya yang menawan. Jika Anda ke arah bawah pulau, yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Anda bisa menemukan Danau Kaolin dan Pantai Tapak Antu dengan bebatuannya yang sangat cantik. Jika Anda pergi ke atas, yaitu ke Sungailiat, Anda bisa mengunjungi Pantai Matras dan Pantai Parai Tenggiri dengan sunset-nya yang rupawan.

sunset-vanilla-twilight-parai-tenggiri-beach-bangka-indonesia

Klik : Paket Wisata Malaysia 3 Hari 2 Malam

3. Bali Utara

Jika ada orang yang mengatakan bahwa Bali adalah destinasi yang mainstream, boleh jadi ia belum pernah mengunjungi Bali bagian utara dan timur. Bali bagian selatan seperti Kuta, Sanur, Nusa Dua, Tanah Lot, dan Uluwatu, mungkin memang tergolong mainstream. Tapi nama seperti “Twin Lake” (Danau Buyan & Tamblingan), Air Terjun Munduk, Lovina, Amed, Tulamben, Taman Tirta Gangga, Puri Smarapura, Candidasa, dan Pura Taman Ayun, mungkin baru akrab di kalangan turis asing saja.

waterpark-castle-tirta-gangga-bali-indonesia

Klik : Paket Wisata Malaysia 2 Hari 1 Malam

4. Lombok Timur

Lombok bukan hanya Senggigi dan Gili Trawangan, pulau seluas 5.435 km² ini punya banyak tempat cantik lainnya. Jika sepanjang tahun ini Pantai Kute dan Tanjung Aan adalah primadona destinasi baru, maka Lombok Timur dengan Pantai Tangsi dan pasirnya yang berwarna merah muda serta Tanjung Ringgit dengan panoramanya yang menawan adalah pilihan utama bagi Anda yang sedang mencari tempat indah di Lombok yang masih jarang dikunjungi oleh turis.

beach-white-sand-crystal-clear-gili-meno-lombok-indonesiaKlik : Paket Wisata Malaysia Murah

5. Pontianak

Kota yang dilintasi oleh Garis Khatulistiwa ini paling banyak mendapat kunjungan dari wisatawan saat Imlek. Pun, umumnya pengunjung hanya menumpang lewat untuk menuju ke Singkawang. Padahal, kota ini punya banyak hal menarik yang Anda bisa jelajahi dan nikmati dengan puas, terutama kulinernya. Sewalah mobil selama seharian penuh dan Anda bisa mengunjungi Tugu Khatulistiwa, kuliner ke Mie Tiaw Daging Sapi “Appolo” dan Mie Tiaw Daging Sapi “Antasari 72”, mencicipi lezat dan pedasnya Kepiting Asap di Restoran Pondok Kakap, bersantai di sore atau malam hari sambil menikmati kopi dan Chai Kwe di A Hin Chai Kue Panas Siam. Esok harinya Anda bisa sarapan bubur khas Pontianak yaitu Bubur Pedas di Bubbor Paddas Pa’ Ngah, menyantap garingnya Sotong Pangkong yang merupakan makanan khas di bulan Ramadan, serta mencoba kelembutan es krim legendaris di Pontianak, yaitu Es Krim Petrus dan Es Krim A Ngie. Pulang dari Pontianak, saya sarankan untuk tidak menimbang berat badan Anda.

mie-tiaw-food-local-pontianak-indonesia

Klik : Paket Wisata Malaysia Singapore

6. Donggala

Umumnya, pencinta olahraga diving dari luar negeri sudah pernah mendengar bahkan datang ke Donggala. Bagaimana tidak, di pinggir pantainya saja kita sudah bisa melihat ikan hias dan karang yang berwarna-warni. Untuk urusan kuliner, Donggala punya makanan khas yang sudah cukup terkenal, yaitu Kaledo. Kopi khas Donggala pun mendapat banyak perhatian dari para pencinta kopi Indonesia. Selain Pantai Tanjung Karang, Pantai Pusat Laut adalah pantai cantik yang harus Anda datangi, meski sayangnya akses untuk ke tempat ini cukup sulit. Tapi tenang, perjalanan 1,5 jam dengan mobil sewa dari Kota Palu akan terbayar lunas ketika Anda melihat keindahannya.

boat-beach-crystal-clear-water-donggala-sulawesi-indonesia

Klik : Paket Wisata Malaysia Singapore 4 Hari 3 Malam

7. Gorontalo

Meski banyak objek wisata menarik yang terletak tak jauh dari Gorontalo, umumnya wisatawan hanya mendatangi kota ini untuk transit sebelum menuju ke Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah. Jika Anda adalah salah satunya, saya sarankan Anda untuk menginap di Gorontalo setidaknya selama 2 hari 1 malam. Anda bisa mengunjungi Taman Wisata Laut Olele yang terletak di Kabupaten Bone Bolango dan sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Gorontalo. Anda bisa mengunjungi Benteng Otanaha untuk melihat bangunan cagar budaya yang sangat bersejarah sambil menikmati panorama Danau Limboto dari atas. Anda juga dapat berwisata kuliner mencicipi Sate Tuna dan Ikan Woku di area Pantai Indah (Tangga 2000), menyusuri area perdagangan yang penuh dengan bangunan tua, dan menikmati indahnya sunset di Danau Limboto.

https://www.skyscanner.co.id