Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein. Setiap orang memiliki favorit minuman atau makanannya masing-masing. Mulai dari minuman sehat hingga minuman tidak sehat. Sebenarnya buka masalah pada minuman sehat atau tidak sehat. Namun lebih pada cara kita mengkonsumsinya. Minuman yang familiar dengan kafein adalah kopi.

Biasanya kopi digemar oleh para pria namun tak sedikit juga di kalangan wanita. Bagi pecinta kopi atau teh mungkin tak akan sadar jika telah mengkonsumsi kafein melebihi batas. Meskipun anda menyukai minuman berkafein ini, tapi harus dibarenagi dengan cara yang tepat.

Jangan sampai anda tidak mengontrol kesehatan tubuh. Karena sesuatu yang berlebihan itu pasti menimbulkan masalah. Maka dari itu anda harus mulai memperhatikan kondisi tubuh dari sekarang. Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein.

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Jantung sering berdebar-debar

Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein maka suara detak jantung secara jelas. Kafein yang berlebih ini akan meningkatkan tekanan darah dan mempengaruhi denyut jantung. Jantung akan bekerja lebih kerjas dan akhirnya detak jantung ini tidak teratur. Dalam beberapa kasus disebuktikan bahwa sistem kardiovaskular yang tidak berjalan dengan normal karena kelebihan kafein yang dapat menyebabkan kematian.

>> Lihat paket wisata ini : Paket Wisata Singapore Malaysia

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Asam lambung yang meningkat

Senyawa tertentu dalam kopi atau teh dapat merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel dalam perut. Jika asam lambung ini telah meningkat maka dapat menyebabkan sakit peruh, bersendawa berlebihan, nyeri dada hingga muntah. Asam lambung yang naik tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan bertambah fatal.

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Sakit kepala

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein. Jika anda tiba-tiba mengalami sakit kepala setelah minum kopi atau teh mungkin saja telah melebihi dosis kafein. Asupan kafein dalam tubuh ini tentu ada batasnya. Jika telah melewati batas maka dapat meningkatkan tekanan darah dan mengakibatkan sakit kepala. Sakit kepala ini juga dapat terjadi jika anda selalu rutin minum kopi lalu berhenti.

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Mata akan sering berkedut

Selama ini anda mungkin hanya mengira bahwa mata berkedut tak ada hubungannya dengan masalah tertentu. Padahal hal ini adalah salah satu tanda bahwa tubuh telah kelebihan kaafein.

Kandungan kafein dapat merangsang dan memicu pelepasan hormon serotonin dan noradrenalin. Kedua hormon ini dapat mengakibatkan reaktiiftas berlebih pada saraf dan otot.

>> Lihat juga : Paket Tour Kuala Lumpur Genting

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Diare

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein. Diare tak hanya disebabkan oleh salah konsumsi makanan. Namun kafein juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan akhirnya diare. Di dalam kafein terdapat zat pencahar yang jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan diare.

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Susah tidur

Mungkin anda pernah mengalami sulit untuk tidur di malam hari atau mudah terbangun. Hal ini bisa saja tubuh anda telah kelebihan kafein. Ternyata kafein yang berlebih dalam tubuh dapat mengurangi kualitas tidur.

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Mudah cemas atau khawatir

Kafein juga bertindah sebagai stimulan yang memincu kelenjar adrenal untuk mengeluarkan lebih banyak hormon penyebab stress seperti adrenalin dan meningkatkan denyut jantung. Sehingga anda akan mudah merasa cemas.

  1. Tubuh terasa lemas menjelang sore hari

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein. Jika mengkonsumsi kafein berlebih dapat membuat energi anda meningkat. Tapi ketika menjelang sore hari anda mudah terasa lemas. Ketika sore hari energi akan turun drastis dan akan akan merasa sangat lemas dan mengantuk.

>> Klik : Promo Harga Paket Wisata Singapore

  1. Mudah gugup

Perasaan mudah gugup ini juga dapat disebabkan oleh kelebihan kafein. Tak hanya itu perasaan seperti ini juga dapat dibarengi dengan gejala tertentu. Gejala ini misalnya terasa gemetar ketika berhadapan dengan lawan bicara.

Kelebihan kafein juga dapat menyebabkan meningkatnya kewaspadaan seseorang dan dapat menmbulkan perasaan cemas. Saat anda menykai kopi kemudian mulai merasakan tanda-tanda ini lebih sering sebaiknya cobalah untuk mengurangi minuman berkafein ini.

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

  1. Sering merasa mual atau muntah

Kepala yang pusing juga biasanya dibarengi dengan rasa mual dan akhirnya muntah. Kandungan senyawa kafein yang berlebih dalam tubuh dapat mempengaruhi usus besar lalu menimbulkan masalah ke sistem pencernaan. Seperti dikenal sekarang minum kopi dapat mempercepat proses pembuangan limbah di dalam tubuh karena kaya dengan asam klogorenat.

Asam klogorenat ini berfungsi untuk menyuplai tingkat keasaman pada lambung. Namun bukan berarti minum kafein secara wajar dapat mengeluarkan limbah lambung dengan cepat.

  1. Nafas yang pendek

Pehatikan 12 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein. Ketika seseorang telah kelebihan kafein maka akan bernafas penedek. Hal ini dibuktikan dalam riset dari Universitas Carnegie Mellon bahwa senyawa dalam dosis kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan menghasilkan pernafasan yang lebih dangkal. Ini artinya kafein dapat memperpendek pernafasan anda karena menyumbat aliran oksigen ke otak.

  1. Lebih sering merasa haus

Kafein yang masuk ke dalam tubuh berbentuk minuman ini akan menimbulkan dampak rasa haus. Berdasarkan pernyataan The Food and Drug Administration menyebutkan bahwa kebutuhan tubuh akan cairan tidak akan terpenuhi dengan mengkonsumsi minuman berkafein. Saat anda telah mengkonsumsi berlebihan, air kencing juga akan meningkat dan mengalami dehidrasi yang membahayakan kesehatan.

>> Klik juga : Paket Tour Singapore 4 Hari 3 Malam