Penggemar Songket Sudahkah Mampir ke Desa Sukarara Lombok?

desa sukarara, tour lombok, wisata lombok

Penggemar Songket Sudahkah Mampir ke Desa Sukarara Lombok? Pulau Lombok adalah salah satu wilayah yang terkenal akan keindahannya di Indonesia.

Lombok telah lama menjadi favorit wisatawan untuk menikmati petualangan bahari, alam maupun budaya. Ya… Lombok memang destinasi yang sempurna karena serba ada.

Membahas Lombok tak hanya melulu soal pantai saja karena selain itu sisi kebudayaannya juga menarik. Desa Sukarara merupakan desa kecil namun memiliki pemandangan alam yang begitu indah nan khas.

Terletak di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Jonggat. Desa ini memang telah cukup terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan.

Untuk dapat sampai ke Desa Sukarara ini kita membutuhkan waktu sekitar 20 menti dari arah Bandara Internasional Lombok. Sedangkan jika dari Kota Mataram jaraknya adalah 25 km dan dapat ditempuh selama 20 menit perjalanan.

>> Baca juga : Keindahan Pantai Kerandangan Lombok

Tapi jika dari arah Kota Praya jaraknya sangat dekat yaitu hanya 5 km dengan waktu tempuh 10 sampai 15 menit perjalanan saja dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Desa Sukarara bukan hanya terkenal dengan keindahannya saja tapi juga karena dipenuhi dengan generasi pecinta budaya tradisional. Sebagian besar dari penduduk Desa Sukarara ini adalah penenun.

Bahkan telah sejak dari anak-anak mereka belajar menenun. Orang tua memiliki peranan penting dalam mengajarkan anak muda menenun.

Warisan budaya yang harus dilestarikan ini sangat disadari oleh penduduk sehingga sampai sekarang, kerajinan tenun songket ini masih ada.

Desa Sukarara terbagi menjadi beberapa dusun yakni Dusun Belong Lauk dan Dusun Belong Daye. Menariknya pada setiap desa tersebut kaum penenun yang diwajibkan adalah perempuan.

Hal seperti itu dalam bahasa Sasak dikenal dengan kata nyesek. Kemahiran dalam menenun adalah hal yang wajib karena menjadi suatu syarat dalam pernikahan.

Hasil dari tenunan khas Desa Sukarara ini tak lain adalah kain songket. Biasanya sarung tersebut digunakan dalam upacara adat.

Seperti begawe belew ataupun pesta-pesta adat besar lainnya. Tenun adalah pekerjaan utama kaum perempuan Desa Sukarara selain bertani.

Ketika berkunjung kesini di sepanjang jalanan desa anda akan menemukan banyak toko-toko kain tenun songket, lengkap dengan proses pembuatannya. Jadi selain dapat menikmati keindahan alam Desa Sukarara.

Kita juga dapat membeli kain songket khas Lombok. Dan juga belajar bagaimana caranya menenun. Wah, Desa Sukarara ini sangat menarik ya guys untuk dikunjungi ? tentunya ! Jangankan warga Indonesia karena turis asing pun banyak yang sengaja datang kesini lho…

>> Lihat juga : Paket Tour Lombok 3 Hari 2 Malam