Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini !

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini !

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini ! Dalam kehidupan sehari-hari kita dianjurkan untuk selalu minum air putih setidaknya delapan gelas dalam sehari. Sedangkan kandung kemih manusia ini hanya mampu menampung dua gelas air saja. Maka kita harus rutin untuk buang air kecil tak terkecuali juga saat liburan.

Anda boleh saja asyik menikmati destinasi wisata namun jangan sampai anda mengesampingkan hal kecil ini karena dapat memberikan dapat serius terhadap kondisi kesehatan. Menahan kencing terlalu lama ini tidak baik untuk kesehatan.

Urine atau air kencing adalah cairan sisa yang ekskresikan oleh ginjal dan akan dikeluarkan oleh tubuh. Apa saja ya efek dari menahan kencing itu ? Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini !

  1. Mengganggu proses pencernaan

Menahan kencing dalam waktu yang cukup lama dapat menganggu bahkan merusak sistem pencernaan dalam tubuh. Akibatnya dapat menganggu proses pencernaan selanjutnya. Tak heran memang, karena sisa pencernaan sebelumnya belum anda buang sehingga menimbulkan rasa sakit.

>> Pilih paket wisata ini : Paket Wisata Universal Studio Singapore

  1. Mengalami anyang-anyangan

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini ! Saat anda meraskan nyerik ketika buang air kecil bisa jadi anda mengalami anyang-anyangan. Anyang-anyangan sendiri dapat terjadi karena kebiasaan buruk seperti menahan kencing terlalu lama. Anyang-anyangan juga dapat menjadi salah satu gejala munculnya infeksi kandung kemih.

  1. Infeksi kandung kemih

Air kencing atau urin mengandung banyak bakteri dan kotoran. Jika urin menumpuk di kandung kemih tentu dapat menimbulkan infeksi kandung kemih. Tak hanya merasakan nyeri saat kencing, gejala infeksi kandung kemih juga munculnya rasa nyeri perut bagian bawah, kecing dalam volome urin sedikit atau bahkan kencing darah.

Jika hal ini terjadi akan membuat stress dan khawatir, maka sebaiknya jika telah merasa ingin kencing jangan sesekali menahan lama.

  1. Infeksi saluran kencing atau ISK

Infeksi saluran kencing mirip seperti infeksi kandung kemih. Yang membedakan dari kedua penyakit ini hanyalah bakteri dan kotoran yang menempel di bagian tersebut. Gejala infeksi saluran kencing dan infeksi kandung kemih juga sama. Meskipun terlihat sepele namun kedua penyakit ini juga dapat menyebabkan penyakit serius muncul.

>> Pilih juga : Paket Tour Singapore Legoland

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini !

  1. Infeksi pada ginjal

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini ! Jika menahan kencing terlalu lama maka air kencing akan naik menuju ke ginjal. Jika hal ini terjadi tentu memicu infeksi apda ginjal. Jika dibiarkan begitu saja maka dapat membuat kesehatan ginjal menurun bahkan bermasalah.

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini !

  1. Mengalami gagal ginjal

Infeksi pada ginjal ternyata dapat menyebabkan gagal ginjal. Jika telah mengalami gagal ginjal maka ginjal taka akan bisa lagi menyaring dan membuat kotoran sisa pencernaan dengan sempurna.

Bahkan siklus pencernaan juga menjadi kacau dan terus bermasalah. Jika pencernaan dan ginjal telah bermasalah ketika ingin membuat air kecil yang dirasa akan tidak nyaman bahkan terasa sakit.

>> Klik : Harga Paket Tour Singapore Malaysia 4 Hari 3 Malam

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini !

  1. Menyebabkan batu ginjal

Batu ginjal juga dapat terbentuk ketika urin menumpuk pada ginjal lalu menggumpal dan akhirnya mengalami pergeseran. Pergeseran urin ini terjadi karena urin memiliki kandungan krsital yang akan menggumpal dan mengeras ketika jumlahnya semakin bertambah banyak.

Gejala yang dirasakan batu ginjal ini seperti sakit ketika kencing, susah untuk kencing dan juga rasa nyeri di bagian ulu hari.

  1. Pembengkakan kandung kemih

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini ! Rata-rata kandung kemih dapat menyimpan sampai 15 ons cairan. Jika anda minum delapan gelas air dalam serhari, jumlah cairan yang di konsumsi sekiat 64 ons. Jadi kandung kemih rata-rata mampu menyimpan sapai satu perepat air yang diminum setiap harinya.

Namun tak mmebantu jika anda orang yang mengkonsumsi cairan secara teratur agar tidak dehidrasi da membuat ginjal dalam kondisi baik namun malas ke kamar mandi untuk kencing.

>> Lihat : Paket Tour Vietnam Murah

  1. Cystitis

Cystitis adalah suatu masalah yang sering dialami para wanita. Hubungannya dengan peradangan pada dinding kandung kemih ang disebut cystitis. Gejala cystitis ini seperti nyeri panggul, masalah kandung kemih dan beberapa penyakit lain.

  1. Mudah kencing

Mengompol atau kencing hanya dilakukan anak kecil namun orang dewasa juga sering mengalaminya. Hal ini terjadi jika terlalu lama menahan buang air kecil sehingga hilangnya kemampuan untuk mengetahui kapan waktu kencing. Bahaya atau akibat menahan kecning ini juga mungkin membuat anda kencing di celana.

Stop Tahan Kencing Selama Liburan Dan Baca 7 Bahaya Ini ! Setelah membaca bahaya dari menahan kencing, mulai sekarang kencinglah secara teratur dan tepat waktu meskipun sedang liburan. Karena liburan akan terasa menyenangkan dengan badan yang sehat. Berikut adalah tips agar terhindar dai penyakit saluran kemih.

  1. Konsumsi air putih atau cairan setiap hari
  2. Segera kencing jika sudah terasa dan jangan menahannya
  3. Bagi wanita, ketika cebok sebaiknya basuhlah dari bagian depan ke belakang
  4. Sebaiknya mandi menggunakan shower daripada bath tub
  5. Bersihkan kelamin setelah berhubungan intim
  6. Hindari penggunaan carian yang tidak jelas karena dapat menimbulkan infeksi

>> Kunjungi juga : Harga Paket Tour Bandung 1 Hari