Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri. Ingin travelling ke luar negeri tapi tidak mau repot ? solusinya dapat gunakan paspor elektronik atau disebut e-paspor.  Semenjak tahun 2013 lalu, Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah memberlakukan fasilittas paspor eletronik atau dikenal denngan sebutan e-paspor.

Tujuan kebijakan ini agar dapat mempermudah Warga Negara Indonesia yang akan bepergian ke luar negeri.

Paspor sendiri adalah syarat mutlak yang harus dimiliki seseorang yang akan bepergian ke luar negeri. Paspor akan diperiksa dari bandara keberangkatan hingga kedatangan. Setelah diperiksa paspor akan dicap sebagai tanda dari masuk dan keluar.

Sebelum bermimpi ke luar negeri sebaiknya anda ketahui dulu hal apa yang perlu diurus. Sekarang ini anda dapat memilih paspor konvensional atau e-paspor.

Dibandingkan dengan paspor biasa, e-paspor memiliki banyak keunggulan. Mulai dari kemudahan dalam mengurus hingga akses yang lebih leluasa ke beberapa negara yang mungkin tak akan didapatkan dari paspor biasa.

Sebenarnya apa saja kelebihan e-paspor itu ? untuk menjawabnya dapat menyimak dan Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri.

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri

  1. Memiliki chip yang canggih

Untuk menyimpan data-data, e-paspor telah dilengkapi dengan chip khusus yang akan sangat membantu. Chip ini hanya dapat dibaca oleh petugas bandara saja sehingga akan menjamin keamanan data pribadi.

Karena begitu canggihnya, chip pada e-paspor sangat sulit dipalsukan sehingga pemegang paspor ini tak perlu khawatir data-datnya dicuri karena sudah pasti aman.

>> Klik : Promo Wisata Malaysia

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri

  1. Data biometrik

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri. Keunggulan utama yang akan anda rasakan dari e-paspor adalah data biometrik. Dalam e-paspor anda akan memiliki data pribadi yang lebih akuran dan lengkap.

Data yang dimaksud ini seperti informasi pribadi, sidik jari sampai dengan bentuk wajah sang pemilik paspor yang dikeluarkan langsung oleh ICAO (Organsasi Penerbangan Sipil Internasional).

  1. Memiliki jalur khusus

Mungkin biasanya anda harus antri di pintu pemeriksaan imigrasi yang mengular cukup panjang, namun dengan e-paspor ada kemudahan tersendiri. Bagi anada yang asli warga Jakarta dan Bali hanya perlu menuju autogate untuk melakukan pemidaian e-paspor sebelum masuk ke boarding gate. Pemindaian ini juga tak menghabiskan banyak waktu, karena dengan 20-30 detik saja sudah dapat masuk ke boarding gate.

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri

  1. Mendapatkan visa gratis ke Jepang

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri. Bagi pemilik e-paspor ini akan mendapatkan keuntungan jalan-jalan ke Jepang tanpa visa. Sejak menjalin kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, Jepang memfasilitasi warga negara Indoneisa travelling tanpa visa di Jepang selama maksimal 15 hari. Penawaran ini tentunya semakin menarik para traveller.

>> Pilih paket ini : Paket Wisata Legoland Malaysia Murah

  1. Visa kunjungan menjadi lebih mudah

Jika anda biasa ditolak bisa kunjungan karena paspor biasa maka solusinya dapat gunakan e-paspor. Sekarang tak perlu khawatir karena dengan e-paspor, pemilik akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan penyetujuan viasa kunjungan lebih mudah dai kedutaan negara terkait.

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri

Perbedaan E-paspor dengan paspor konvensional

E-paspor atau paspor biometrik pada dasarnya merupakan suatu jenis paspor yang dilengkapi dengan data biometrik sebagai salah satu elemen pengaman. Namun jika chip dalam e-paspor rusak makan secara otomatis e-paspor tidak dapat digunakan lagi.

Data biometrik tersimpan dalam sebuah chip berukuran kecil yang ditanamkan. Dalam data tesebut terdapat sidik jari dan biometrik wajah pemilih e-paspor.

Bahkan e-paspor juga disebut-sebut lebih aman, ramah lingkungan. Hal ini karena e-paspor tidak menggunakan kertas. Alasan inilah yang membuat beberapa negara maju seperti Australia, Amerika Serikat, Jepang dan Swedia mewajibkan orang atau turis asing yang berkunjung menggunakan e-paspor.

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri. Dari fisik, nyaris tak ada perbedaan antara e-paspor dengan paspor konvensional bedanya hanya terletak pada chip di dalamya. Demikian ujuga dengan prosedur pengajuan paspor cukup membawa dokumen seperti KTP, kartu keluarga, akta kelahiran yang dikopikan dalam selembar kertas A4.

Jika ada perbedaan itu pun hanya terletak pada biaya pembuatannya saja. Untuk pembuatan e-paspor dengan 48 halaman anda perlu membayar sebesar Rp 655.000,- sedangkan untuk paspor konvensial bianya Rp 300.000,- saja.

>> Pilih juga : Tour Singapore 4 Hari 3 Malam

Kantor Imigrasi yang melayani pembutan e-paspor

Wajib Tahu Keunggulan E-Paspor Untuk Anda Yang Suka Travelling ke Luar Negeri. E-paspor mulai berlaku di Indonesia sejak tahun 2013 lalu bagi seluruh Warga Negara Indonesia. Bagi anda yang ingin membuat e-paspor dapat mengunjungi salah satu kantor imigrasi yang melayani pembuatan e-paspor. Beberapa kantor imigrasi tersebut diantaranya adalah seperti berikut.

  1. Kantor Imigrasi kelas 1 Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Warung Buncit
  2. Kantor Imigrasi kelas 1 Jakarta Utara di daerah Kelapa Gading
  3. Kantor Imigrasi kelas 1 Jakarta Barat di Taman Sari
  4. Kantor Imigrasi kelas 1 Jakarta Timur di daerah Jatinegara
  5. Kantor Imigrasi kelas 1 Kemayoran
  6. Kantor Imigrasi kelas 1 Bandara Soekarno Hatta

>> Kunjungi juga :