Wisata Budaya dan Tradisi Singapore

Wisata Budaya dan Tradisi Singapore, Objek wisata dan juga budaya serta tradisi yang terdapat di Singapore pada umumnya adalah berupa taman hiburan yang memiliki teknologi yang canggih dan juga modern. Tetapi ada juga beberapa lokasi wisata yang merupakan peninggalan sejarah atau landmark dan juga pusat-pusat perbelanjaan.

chinatown singapore, wisata singapore, tour singapore murah
chinatown singapore

Wisata Budaya dan Tradisi Singapore

Berikut adalah tempat wisata budaya dan tradisi yang ada di Singapore

Transfer Angka Hoki
Pemandangan yang sangat unik sering terjadi di Singapore kala menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Orang bukannya mengantri membeli tiket konser ataupun perilisan gadget paling anyar. Melainkan yang terjadi adalah antrian panjang depan mesin ATM. Yang dilakukan orang adalah melakukan pengiriman sejumlah uang namun ke rekeningnya sendiri.

Klik Juga : Paket Tour Singapore 3 Hari 2 Malam

Uang yang dikirim tersebut bukanlah uang biasa ya. Melainkan sejumlah yang yang melambangkan angka keberuntungan tahun ini. Sejumlah warga Singapore yang masih merupakan peranakan Tionghoa akan memenuhi antrian untuk melakukan setoran uang di hari pertama musim semi tradisional. Tidak hanya melakukan pengiriman uang sejumlah angka hoki saja ya, tapi waktu transaksi juga akan disesuaikan dengan prediksi hoki agar benar-benar mendapatkan keberuntungan.

Ritual Waisak
Ini jadi satu ritual yang cukup unik di Singapore karena menjadi ritual yang berbeda. Di Singapore orang merayakan Hari Waya Waisak dengan melepaskan burung dari sangkarnya ke udara. Hal inilah yang dianggap sebagai lambang kedatangan hari yang baru dan perayaan akan nilai yang ditinggalkan Buddha bagi umatnya di dunia. Ritual melepaskan burung ini akan jadi ritual yang menyenangkan. Karena ada ribuan burung yang akan dilepaskan bebas dari sangkarnya terbang ke angkasa saat perayaan kelahiran Buddha berlangsung.

Klik Juga : Paket Tour Singapore Malaysia 4 Hari 3 Malam

Bubaya Khas
Keragam penduduk dan juga latar imigrannya menyebabkan budaya wisata Singapore seringkali disebut-sebut sebagai campuran dari beragam budaya yaitu Melayu, Cina, India, Peranakan, dan juga Britania. Warga asing juga punya andil membentuk 42% penduduk Singapore dan punya peran penting dalam menyumbangkan budaya di Singapore.

Masakan
Wisata kuliner dan wisata belanja sudah jadi hiburan nasional warga negara Singapore. Masakan Singapore merupakan contoh dari berbagai difusi budaya negara kecil ini. Dengan pengaruh yang datang dari Cina, Melayu, India, Tamil, Indonesia, dan Britania. Masakan yang paling umum ada di Singapore adalah sate, kepiting pedas, nasi lemak, dan juga nasi ayam Hainan.

Klik Juga : Paket Tour Universal Studio Singapore Murah

Seni
Dimulai sejak tahun 1990-an pemerintah telah berusaha untuk mempromosikan negara Singapore menjadi pusat seni dan juga budaya. Terutama seni drama. Dan ini mengubah negara Singapore menjadi gerbang antara timur dan barat yang begitu kosmopolitan. Puncak usaha pemerintah ini terlihat dari pembangaunan Esplanade. Merupakan sebuah pusat seni drama kelas atas yang pada 21 Oktober 2002 lalu dibuka.

Selain itu di sini juga ada yang namanya Singapore Arts Festival yang jadi kegiatan tahunan yang diadakan oleh National Arts Council. Jumlah drama komedi jalanan meningkat jumlahnya termasuk acara mikrofon terbuka yang diadakan setiap pekan. Singapore juga mengadakan Genee International Ballet Competition. Ini adalah sebuah kompetisi balek klasik. Diadakan oleh Royal Academy of Dance. Pusat dewan juri tari internasional di London, Britania Raya.

Unik sekali bukan budaya dan tradisi yang ada di Singapore? Dengan berbagai suku bangsa dan agama penduduknya menjadikan keberagaman itu sebuah keharmonisan yang dapat menarik minat pengunung yang ingin merasakan suasana Kota Singapore. Baik wisata kuliner dan belanja juga jangan sampai lupa.