Wisata Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Pulau Penang adalah pulau utama yang ada di Malaysia. Beribu kota yang dapat Anda temukan di George Town yang menjadi pulau yang mayoritas dihuni Cina-Malaysia dan merupakan satu di antara tempat tujuan wisata populer di Malaysia. Di pulau ini Anda dapat menemukan banyak sekali peninggalan kolonial Inggris. Pada masa dulu Penang menjadi jalur perdangan Inggris. Dimulai dari Selat Malaka, Singapore, sampai ke India.

Dalam bahasa Melayu Pulau Penang disebut sebagai pinang. Menjadi satu negara bagian Penang yang terdiri dari Pulau Penang dan juga seberang Perai di bagian daratan Malaysia. Negara bagian ini sangat unik karena dihubungkan oleh dua buah jembatan.

Klik : Paket Wisata Malaysia 3 Hari 2 Malam

Jembatan Terpanjang Di Asia Tenggara

The First Penang Bridge

Sudah tahu di mana letak jembatan paling panjang yang di Asia Tenggara? Ini dia jembatan yang masa pembangunannya pada tahun 1982 hingga 1985 menjadi satu dari lima jembatan paling panjang di Asia Tenggara. Jembatan terpanjang kedua setelah Jembatan Penang Kedua atau Jembatan Abdul Halim Muadzam Shah. Masa pembangunannya tahun 2008 hingga 2014 dan menjadi jembatan paling panjang di Asia Tenggara.

penang bridge | tour malaysia

Memiliki panjang hingga 24 kilometer. Lebih panjang sekitar 11.5 meter dibandungkan jembatan pertama. Jembatan Penang Kedua dibangun dengan lebih baik untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat dari negara bagian Penang yang rasanya tidak alagi cukup kalau hanya menggunakan jembatan pertama.

Jika dilihat dari peta, jembatan pertama lebih dekat ke arah George Town. Padahal dalam beberapa tahun belakangan populasi penduduk Pulau Penang yang berada di luar George Town cukup meningkat pesat jumlahnya. Pembangunan infrastruktur tentu saja dibutuhkan dengan adanya peningkatan populasi ini. Terutama untuk hubungan daratan Malaysia. Artinya akan kejauhan jika warga yang berada di luar George Town untuk mendatangi daratan Malaysia jika harus ke George Town terlebih dahulu.

Klik : Paket Wisata Kuala Lumpur Genting Highland

Dengan adanya jembatan yang kedua, otomatis masyarakat Pulau Penang tak perlu susah payah untuk datang ke George Town. Selain daripada itu jika ingin menghindari kemacetan. Terpancang di bagian antara Batu Maung di bagian Pulau Penang dan Batu Kawan di bagian daratan Malaysia.

Jembatan Penang Kedua adalah proyek megastruktur yang mendapatkan dana dari China sebesar RM 45 juta. Operator jembatan ini tentu saja adalah Jemabatan Kedua Sdn. Bhd.. Membutuhkan waktu paling tidak 20 menit jika Anda ingin menjelajah di jembatan serta jalan tol ini. Sebutan lainnya untuk jembatan ini adalah Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah, Yang DiPertuan Agung (raja) Malaysia saat ini.

Dilihat dari sudut artsitekturnya Jembatan Penang Kedua tak jauh berbeda bentuknya dengan Jembatan Penang Pertama. Di bagian tengah jembatan ditopang kabel peyangga. Bentuk jembatan ini seperti huruf S dan juga berlajur dua. Kode jalan tolnya adalah E28. Di atas air panjang lintasannya kurang lebih 16.9 kilometer. Jembatan dirancang tahan gempa dengan skala 7.5 skala richter.

Klik : Paket Nonton Bareng MotoGP Sepang 2017

Jembatan ini mulai dibangun pada 2008 lalu dan sempat terjadi kendala dana dan juga masalah lahan. Sehingga jembatan yang direncanakan selesai tahun 2012 malah molor ke tahun 2014. Perdana Menteri Malaysia Tun Nadjib Razak yang membukanya. Peletakan batu pertama pada tahun 2006 dan ini dilaksanakan saat Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi. Ide pembangunan jembatan ini sendiri sudah mulai disuarakan sejak masa pemerintahan Perdana Menteri Mahattir Mohammad. Jembatan Penang Kedua ini pun jadi objek wisata di Pulau Penang.