Wisata Museum ArtScience

Tahun 2011 lalu Singapore mempersembahkan hadiah bagi dunia. Yaitu sebuah Museum ArtScience yang berada di Marina Bay Sands. Museum ini disebut-sebut sebagai The Welcoming Hand of Singapore. Sheldon Adelson yang merupakan visioner di Las Vegas Sands Corp yang menyebutnya demikian sedangkan perancangnya sendiri adalah seorang arsitek yang berkebangsaan Israel-Kanada, Moshe Safdie.

Museum ini sempat menjadi ikon baru di Kota Singapore dan juga pernah jadi tuan rumah bagi pameran internasional yang mempunyai 21 ruang galeri dengan luas totalnya 6.000 meter persegi. Struktur bangunannya sangat spesial sehingga menjadi hadiah bagi dunia dari Singapore. Demikian kalimat yang diucapkan Moshe Safdie saat konferensi dengan wartawan dari berbagai belahan dunia.

artscience museum| tour singapore

Klik : Paket Tour Singapore 3 Hari 2 Malam

Keunikan Museum ArtScience Singapore

Uniknya atap museum ini bisa menampung air hujan yang dapat disalurkan ke bagian bawah melewati pusat bangunan ke bagian kolam pemantul yang berada di lantai gedung paling bawah, air hujan ini kemudian didaur ulang dan disalurkan kembali lewat fitur air yang diperuntukkan bagi air terjun silinder yang akan terus mengalir tanpa henti. Air hujan ini juga didaur ulang bagi keperluan dalam kamar mandi museum sebagai bagian dari program Mark Green yang ada di Singapore.

Museum ini sekelilingnya ada kolam bunga lili yang luasnya sekitar 4.000 meter persegi. Museum mengapung di teras dengan nuansa perkotaan baru yang sangat dinamis dan pengunjung dapat menikmati pemandangan Singapore dan juga Marina Bay Sands dari sini.

Museum ini akan jadi basir kunjungan ke lokasi wisata Marina Bay Sands Singapore yang memiliki konsep menyatu dengan pusat perbelanjaa, hiburan, bisnis, dan kasino. Total investasi lokasi wisata ini mencapai angka 6 miliar dollar AS.

Klik : Paket Tour Universal Studio Singapore

Para kontraktor yang bertanggung jawab bagi pembangunan museum ini adalah  Yongnam (Singapore), L&K Engineering (Taiwan), Penta Ocean (Jepang), DK Composites (Malaysia), Bi Water (Hing Kong), Alfasi Construction (Australia), dan Sunray Woodcraft (Singapore).

Ruangan bagian dalam yaitu ‘jari-jari’ dengan tinggi 60 meter menjadi galeri unik dengan pencahayaan yang alami dari bagian ujung jari yang menerangi bentuk dinding interior yang dihiasi dengan berbagai pahatan. Kontrol temperatur ruangan sangat baik pengaturannya demi menjaga isi museum yang mempunya konstruksi 5.600 baja dengan berat 5.200 ton.

Klik : Paket Tour Singapore – Malaysia 

Gabungan Seni dan Sains

Di bagian dalam museum ada ArtScience Gallery. Ini adalah pameran dengan kekuatan kreativitas yang menggabungkan ilmu seni dan juga sains.

Terdapat tiga ruang galeri yang sangat unik yang dapat membawa pengunjung larut dalam proses kreatifitas. Yaitu ruang Curiosity yang dapat mendorong pengunjung datang dan merenung tentang cara mereka mendefinisikan seni dan sains, apa maknanya bagi mereka dan bagaimana pengaruhnya terhadap dunia.

Kemudian ada apula ruang Inspiration yang menjadi galeri interaktif yang dapat mengingatkan pengunjung pada titik kilas kreatifitas yang dapat menguatkan seni dan sains. Ruang ini kontennya berupa masnifestasi penemuan jadi jembatan bagi seni dan juga sains.

Klik : Paket Tour Singapore – Legoland Malaysia

Terakhir ada ruang Expression yang jadi galeri multimedia yang sangat dinamis.

Anda benar-benar dimanjakan dengan fasilitas yang tersedia di dalam museum ini. Belum lagi museumnya yang sangat mengagumkan bagi Anda yang menyukai seni atau sains bahkan keduanya. Sebab dengan menggabungkan dua hal tersebut akan muncul sebuah hasil yang sangat indah dan mengagumkan. Penikmat seni dapat menghabiskan waktu berjam-jam di museum ini dan  tak akan merasa waktu berlalu dengan cepat begitu saja.